IMPLEMENTASI PELAKSANAAN METODE PEMBELAJARAN PEMAHAMAN ISI DAN AMANAT PUISI DI MASA PANDEMI

Robiyanti, Eka Dessy (2021) IMPLEMENTASI PELAKSANAAN METODE PEMBELAJARAN PEMAHAMAN ISI DAN AMANAT PUISI DI MASA PANDEMI. S1 thesis, Universitas Jambi.

[img] Text
DAFTAR ISI GAMBAR, TABEL, LAMPIRAN.pdf

Download (64kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (45kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (30kB)
[img] Text
21-03-2021-09.02.11(1).pdf

Download (279kB)
[img] Text
21-03-2021-09.06.59.pdf

Download (195kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan tentang Implementasi Metode Pelaksanaan Pembelajaran Pemahaman Isi dan Amanat Puisi Di Masa Pandemi. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif, dengan pendekatan penelitian berupa fenomenologi. Data dalam penelitian ini dilaksanakan di Sekolah Dasar No. 55 Sridadi, kecamatan Muara Bulian, Kabupaten Batang Hari pada tahun ajaran semester genap 2020/2021. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian fenomenologi. Pengumpulan data diperoleh dari hasil observasi, wawancara, dan dokumentasi. Setelah data diperoleh kemudian data dianalisis dengan menggunakan teknik model Miles dan Hubberman dengan menggunakan 3 tahap, yaitu reduksi data, penyajian data dan verifikasi atau penarikan kesimpulan. Uji validitas data dalam penelitian ini menggunakan triangulasi data. Hasil penelitian ini menunjukkan bahawa implementasi metode pembelajaran Pemahaman Peserta Didik Terhadap Isi Puisi di Masa Pandemi: (1) Perencanaan dalam kegiatan pembelajaran yaitu menyiapkan suatu Rencana Perencanaan Pembelajaran berupa komponen-komponen penunjang pendidikan. (2) Pelaksanaan pembelajaran yaitu setelah mmenyiapkan komponen pembelajaran yakni penyampaian materi pembelajaran, metode pembelajaran dan proses pembelajaran. (3) Evaluasi pembelajaran yakni penilaian kognitif berupa tes tertulis dan tidak tertulis. Simpulan dari penelitian ini adalah berdasarkan uraian yang dijabarkan diatas bahwa implementasi metode pembelajaran Pemahaman Peserta Didik Terhadap Isi Puisi di Masa Pandemi yang telah dilaksanan yakni metode ceramah, metode berlatih, metode tanya jawab dan metode eksperimen atau penugasan mampu membantu pemahaman peserta didik untuk ketercapain hasil belajar sampai pada nilai rata-rata dan nilai diatas rata-rata. Dari hasil penelitian ini disarankan kepada tenaga pendidik mengenai pentingnya persiapan sebelum melaksanakan untuk menghasilkan pembelajaran sesuai dengan tujuan yang diharapkan.

Type: Thesis (S1)
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LA History of education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PGSD
Depositing User: Eka Dessy Robiyanti
Date Deposited: 22 Mar 2021 02:41
Last Modified: 22 Mar 2021 02:41
URI: https://repository.unja.ac.id/id/eprint/18971

Actions (login required)

View Item View Item