STRATEGI GURU DALAM MENGOPTIMALKAN MINAT BELAJAR SISWA PADA MASA PANDEMI DI SEKOLAH DASAR

Rahayu, Cantika and Destrinelli, Destrinelli and Noviyanti, Silvi (2021) STRATEGI GURU DALAM MENGOPTIMALKAN MINAT BELAJAR SISWA PADA MASA PANDEMI DI SEKOLAH DASAR. S1 thesis, Universitas Jambi.

[img] Text
SKRIPSI CANTIKA RAHAYU A1D117153 (2021)-dikonversi (3).pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)
[img] Text
Cover-dikonversi.pdf

Download (25kB)
[img] Text
HALAMAN PERSETUJUAN-dikonversi.pdf

Download (25kB)
[img] Text
HALAMAN PENGESAHAN-dikonversi.pdf

Download (29kB)
[img] Text
BAB I-dikonversi (1).pdf

Download (148kB)
[img] Text
BAB V-dikonversi (1).pdf

Download (14kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA-dikonversi (1).pdf

Download (152kB)

Abstract

ABSTRAK Cantika, Rahayu. 2020. Strategi Guru Dalam Mengoptimalkan Minat Belajar Siswa pada Masa Pandemi di Sekolah Dasar. Skripsi, Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Jurusan Pendidikan Anak Usia Dini dan Dasar, FKIP, Universitas Jambi. Pembimbing (I) Dr. Dra. Destrinelli, M.Pd, (II) Silvina Noviyanti, S.Pd, M.Pd. Kata Kunci : Strategi Guru, Minat Belajar Strategi pembelajaran merupakan komponen yang penting dalam setiap kegiatan pembelajaran. Dalam proses pembelajaran tidak luput dari strategi pembelajaran serta minat belajar. Keberhasilan belajar ditentukan oleh beberapa faktor yang salah satunya adalah minat belajar. Minat itu sendiri adalah sifat yang relatif yang menetap pada diri seseorang yang besera pengaruhnya dalam pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan strategi yang diterapkan guru dalam mengoptimalkan minat belajar siswa di kelas II Sekolah Dasar Negeri 211/IX Mendalo Darat. Peneliti dilakukan di Sekolah Dasar Negeri 211/IX Mendalo Darat, yang berlokasi di Jl. Proyek Pertamina, Desa Mendalo Indah, Mendalo Darat, Kec. Jambi Luar Kota, Kab. Muaro Jambi, Prov Jambi. Dengan Pendekatan penelitian kualitatif dan jenis penelitian fenomenologi menggunakan uji validitas data dengan metode triangulasi teknik. Subjek dalam penelitian ini ialah guru dan siswa kelas II, teknik analisis data yang digunakan ialah model interaktif yang terdiri atas reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Prosedur penelitian dilakukan tahap persiapan, pelaksanaan, dan penyelesaian. Berdasarkan hasil penelitian menujukkan bahwa wali kelas II menerapkan strategi dalam megoptimalkan minat belajar siswa yang terdiri atas beberapa rangkaian dalam pembelajaran yaitu: (1) Strategi perencanaan guru telah mempersiapkan segala sesuatu yang akan diperlukan sebelum melakukan suatu pembelajaran secara terorganisir, mulai dari mempersiapkan RPP dan perangkat pembelajaran lainnya, absen kehadiran siswa, catatan nilai dan skor siswa, dll. (2) Strategi pelaksanaan pembelajaran yang diterapkan guru lebih kepada metode yang bervariasi, media pembelajaran yang dapat menarik siswa, dan serta memancing pengetahuan siswa, dll. (3) Strategi evaluasi yang diterapkan oleh guru dalam memberikan apresiasi kepada siswa, reward, dan pujian-pujian dari tugas yang telah dikerjakan siswa dan memberi umpan balik dengan mengembalikan hasil pekerjaan siswa. Umpan balik tersebut seperti pemberian nilai, bintang, maupun pujian lainnya serta membuat note di buku tugas siswa. Berdasarkan hasil validasi yang diperoleh tersebut, maka strategi perencanaan, pelaksanaan dan evaluasi dapat mengoptimalkan minat belajar siswa. Terutama pada pemilihan media pembelajaran berupa audio visual dan mengevaluasi dengan pemberian reward.

Type: Thesis (S1)
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LA History of education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PGSD
Depositing User: Cantika Rahayu
Date Deposited: 23 Mar 2021 02:29
Last Modified: 23 Mar 2021 02:29
URI: https://repository.unja.ac.id/id/eprint/19056

Actions (login required)

View Item View Item