Kontruksi Berpikir Kritis Dalam Rancangan Pembelajaran Teks Laporan Hasil Observasi Kelas X SMA Negri 9 Kota Jambi

Hawari inggi, Iye (1999) Kontruksi Berpikir Kritis Dalam Rancangan Pembelajaran Teks Laporan Hasil Observasi Kelas X SMA Negri 9 Kota Jambi. S1 thesis, UNJA.

[img] Text
cover.pdf

Download (134kB)
[img] Text
halaman pengesahan.pdf

Download (2MB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (317kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (199kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (190kB)
[img] Text
Skripsi Iye Hawari Inggi Tumanggor.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (8MB)

Abstract

Hawari, Inggi Tumanggor Iye. 2021. Konstruksi Berpikir Kritis dalam RPP Teks Laporan Hasil Observasi pada Siswa Kelas X di SMAN 9 Kota Jambi. Skripsi, Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia. Jurusan Pendidikan Bahasa dan Sastra, FKIP Universitas Jambi. Dosen Pembimbing Dr. Rustam, S.Pd., M.Hum dan Drs. Albertus Sinaga, M.Pd. Kata kunci: Kontruksi Berpikir Kritis, Rancangan Pembelajaran, Teks Laporan Hasil Observasi Tujuan dalam penelitian skripsi ini adalah untuk mendeskripsikan Konstruksi Berpikir Kritis dalam Rancangan Pembelajaran Menulis Teks Laporan Hasil Observasi kelas X di SMAN 9 Kota Jambi. Sedangkan secara khusus bertujuan untuk mengetahui tentang (1) Memberi penjelasan sederhana, (2) membangun keterampilan dasar, (3) menyimpulkan, (4) penjelasan lebih lanjut, (5) strategi dan teknik. Metode yang digunakan adalah metode deskriptif kualitatif. Penelitian deskriptif adalah penelitian yang berupaya mendeskripsikan suatu teks, sedangkan penelitian kualitatif adalah penelitian yang berusaha memahami kejadian sosial berdasarkan pandangan-pandangan subjektif dari para pelaku. Data diperoleh dari hasil wawancara guru di SMA N 9 Kota Jambi. Hasil dari penelitian terkait materi Rancangan pembelajaran Teks Hasil Laporan Observasi guru Hadisah telah mengarahkan ke kontruksi berpikir kritis namun terkadang dalam penerapannya di kelas guru harus menyesuaikan kondisi bagaimana siswa di kelas dan bagaimana suasana di kelas, sehingga guru membuat cara agar siswa nyaman dan bisa menangkap materi yang diberikan oleh guru. Kesimpulan dari hasil wawancara dengan guru di SMA N 9 Kota Jambi dalam rancangan pembelajaran guru belum berhasil dilaksanakan di kelas. Guru masih mencari metode yang tepat diterapkan khususnya dalam pembelajaran Teks Laporan Hasil Observasi. Dan guru juga tidak mengerti bagaimana menentukan metode dan pendekatan yang baik.

Type: Thesis (S1)
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bahasa dan Sasra Indo
Depositing User: Iye hawari inggi rumanggor
Date Deposited: 23 Mar 2021 07:07
Last Modified: 23 Mar 2021 07:07
URI: https://repository.unja.ac.id/id/eprint/19081

Actions (login required)

View Item View Item