PENGEMBANGAN LKPD BERBASIS CREATIVE PROBLEM SOLVING (CPS) UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS SISWA DI KELAS VIII SMP PADA MATERI RELASI DAN FUNGSI

OKTAVIA, MIRANTI (2021) PENGEMBANGAN LKPD BERBASIS CREATIVE PROBLEM SOLVING (CPS) UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS SISWA DI KELAS VIII SMP PADA MATERI RELASI DAN FUNGSI. S1 thesis, Universitas Jambi.

[img] Text
skripsi full.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (18MB)
[img] Text
SKRIPSI MIRANTI OKTAVIA_ SELESAIN-1-2.pdf

Download (609kB)
[img] Text
SKRIPSI MIRANTI OKTAVIA_ SELESAIN-3-4.pdf

Download (396kB)
[img] Text
bab 1.pdf

Download (251kB)
[img] Text
bab 5.pdf

Download (170kB)
[img] Text
daftar rujukan.pdf

Download (91kB)

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh rendahnya kemampuan pemecahan masalah matematis siswa di kelas VIII SMP Negeri 5 Muaro Jambi. Banyak faktor yang mempengaruhi rendahnya kemampuan pemecahan masalah matematis siswa, salah satunya adalah keterbatasan penggunaan LKPD. Dimana LKPD yang digunakan masih berwarna hitam putih dan tidak terdapat model pembelajaran yang dapat membantu guru dan siswa dalam meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa. Oleh karena itu, peneliti berinovasi untuk mengembangkan LKPD dengan menggunakan model pembelajaran CPS karena dengan menggunakan model CPS dapat membantu siswa untuk mendesain suatu penemuan, berpikir dan bertindak kreatif, memecahkan masalah yang dihadapi secara realistis, dan langkah-langkah dari model CPS berkaitan dengan indikator kemampuan pemecahan masalah matematis. Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan LKPD matematika dengan model pembelajaran Creative Problem Solving (CPS) yang valid, praktis, dan efektif untuk meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa pada materi relasi dan fungsi. Penelitian ini merupakan jenis penelitian dan pengembangan (research and development) dengan menggunakan model ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, Evaluation). Teknik pengumpulan data menggunakan angket validasi instrument, angket validasi materi, angket validasi desain, angket respon guru, angket respon siswa, dan tes hasil belajar siswa. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis data kuantitatif dan kualitatif. Hasil penelitian pengembangan ini adalah (1) LKPD berbasis Creative Problem Solving (CPS) pada materi relasi dan fungsi yang dihasilkan dengan menggunakan beberapa tahapan yang diadaptasi dari model penelitian dan pengembangan versi ADDIE, (2) Hasil validasi materi, dan validasi desain dengan presentase berturut-turut adalah 84%, dan 85% dengan kriteria sangat valid. Hasil uji coba perorangan dan hasil uji coba kelompok kecil berturut-turut adalah 84%, dan 92,1% dengan kriteria sangat praktis. Hasil observasi aktivitas belajar siswa selama empat pertemuan adalah 81,54% dengan kriteria sangat efektif, dan rata-rata presentase ketuntasan tes kemampuan pemecahan masalah matematis siswa dalam satu kelas adalah 85,7% dengan kriteria sangat baik. Dengan demikian, lembar kerja peserta didik (LKPD) berbasis Creative Problem Solving (CPS) valid, praktis, dan efektif untuk meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa di kelas VIII SMP Negeri 5 Muaro Jambi.

Type: Thesis (S1)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
Depositing User: MIRANTI OKTAVIA
Date Deposited: 24 Mar 2021 02:33
Last Modified: 24 Mar 2021 02:33
URI: https://repository.unja.ac.id/id/eprint/19097

Actions (login required)

View Item View Item