ANALISIS SIKAP ILMIAH SISWA BERBASIS TRANSCRIPT BASED LESSON ANALYSES (TBLA) PADA MATERI SUHU DAN KALOR DI KELAS VII SMP IT AN-NAHL PERCIKAN IMAN JAMBI

Aprian, Ulfa (2021) ANALISIS SIKAP ILMIAH SISWA BERBASIS TRANSCRIPT BASED LESSON ANALYSES (TBLA) PADA MATERI SUHU DAN KALOR DI KELAS VII SMP IT AN-NAHL PERCIKAN IMAN JAMBI. S1 thesis, Universitas Jambi.

[img] Text
cover.pdf

Download (271kB)
[img] Text
Halaman pengesahan.pdf

Download (140kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (241kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (439kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (225kB)

Abstract

Aprian, Ulfa Zuhroh Twenty. 2020. Analisis Sikap Ilmiah Siswa Berbasis Transcript Based Lesson Analyses (TBLA) Pada Materi Suhu dan Kalor Di Kelas VII SMP IT AN-NAHL Percikan Iman Jambi. Skripsi Program Studi Pendidikan Fisika FKIP Universitas Jambi. Dosen Pembimbing (I) Ibu Nova Susanti, S.Pd.,M.Si dan Dosen Pembimbing (II) Bapak Haerul Pathoni, S.Pd.,M.PFis. Kata Kunci : Transcript Based Lesson Analyses, Sikap Ilmiah Siswa, Lesson Study Latar belakang penelitian ini dikarenakan terdapat beberapa indikator sikap ilmiah siswa yang masih kurang sehingga perlu diperlukan perbaikan agar terjadi peningkatan kualitas pembelajaran. penelitian ini bertujuan untuk menumbuhkan sikap ilmiah siswa melalui pembelajaran Lesson Study berbasis transcript based lesson analyses (TBLA) pada materi Suhu dan Kalor di Kelas VII SMP IT An-Nahl Percikan Iman Jambi. Penelitian ini dilakukan di SMP IT AN-NAHL Percikan Iman Jambi pada November 2020. Upaya yang dilakukan dalam penelitian ini yaitu dengan menerapkan program pembelajaran lesson study yang mana melalui tahapan perencanaan (plan), pelaksanaan (do), dan refleksi (see). Penelitian ini dilaksanakan di kelas VII Putri Full Day yang terdiri dari 14 siswa. Pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan rekaman video pembelajaran, lembar observasi, dan dokumentasi artefak lainnya. Penelitian ini dilakukan sebanyak 2 siklus tahapan lesson study. Hasil penelitian ini, pada siklus 1, terdapat hasil analisis dari transkrip pembelajaran melalui pola dialog pengajaran. Sedangkan sikap ilmiah pada diri siswa terlihat masih kurang, yakni sebagian besar siswa hanya memperoleh skor 1 pada setiap indikator. Siklus 2 lesson study dimaksudkan memperbaiki pembelajaran pada siklus 1 sehingga siklus 2 ini dilakukan berdasarkan hasil refleksi siklus 1. Hasil sikap ilmiah siswa pada siklus 2 dari analisis transkrip pembelajaran melalui pola dialog pengajaran, ada beberapa indikator sikap ilmiah untuk beberapa siswa yang dapat diperbaiki, tetapi ada juga siswa yang justru menurun dari siklus 1 hal ini dikarenakan siswa yang kurang fokus terhadap pembelajaran. dari hasil penelitian ini disarankan agar guru bisa menerapkan lesson study berbasis transcript based lesson analyses. Penerapan teknis analisis ini akan membuat guru mampu meningkatkan kemampuan untuk membuat pembelajaran yang akan dilaksanakan lebih efektif.

Type: Thesis (S1)
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Fisika
Depositing User: ULFA ZUHROH TWENTY APRIAN
Date Deposited: 26 Mar 2021 01:38
Last Modified: 26 Mar 2021 01:38
URI: https://repository.unja.ac.id/id/eprint/19171

Actions (login required)

View Item View Item