Karyati, Tati (2021) ANALISIS KOMPETENSI PROFESIONAL GURU DALAM PEMBELAJARAN TEMATIK DI KELAS IVA SDN 34/I TERATAI PADA MASA PANDEMI COVID-19. S1 thesis, Universitas Jambi.
![]() |
Text
COVER TATI KARYATI.docx.pdf Download (1MB) |
![]() |
Text
CamScanner 03-29-2021 20.55.03.pdf Download (472kB) |
![]() |
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (196kB) |
![]() |
Text
BAB I TATI KARYATI.docx.pdf Download (311kB) |
![]() |
Text
BAB V TATI KARYATI.pdf Download (192kB) |
Abstract
ABSTRAK Karyati, Tati. 2021. Analisis Kompetensi Profesional Guru dalam Pembelajaran Tematik di Kelas IVA SDN 34/I Teratai Pada Masa Pandemi COVID-19: Skripsi Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, FKIP, Universitas Jambi, Pembimbing (I) Dr. Yantoro, M.Pd, (II) Ahmad Hariandi, S.Pd.I., M.Ag. Kata kunci : analisis, kompetensi profesional guru, pembelajaran tematik. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan tentang kompetensi profesional guru dalam pembelajaran tematik di kelas IVA SDN 34/I Teratai pada masa pandemi COVID-19. Penelitian ini dilakukan pada bulan Januari 2021 di SDN 34/I Teratai pada guru kelas IVA. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dan jenis penelitiannya adalah fenomenologi. Data penelitian ini diperoleh dari hasil observasi, wawancara dan dokumentasi bersama guru kelas IVA SDN 34/I Teratai. Hasil penelitian menunjukkan bahwa guru kelas IVA SDN 34/I Teratai menguasai materi, struktur, dan konsep keilmuan yang mendukung pembelajaran pada masa pandemi COVID-19, menguasai kompetensi inti dan kompetensi dasar pembelajaran, mengembangkan keprofesionalan secara berkelanjutan dengan melakukan tindakan reflektif, dan memanfaatkan teknologi informasi dan komunikasi untuk mengembangkan diri pada masa pandemi COVID-19. Namun, guru kelas IVA SDN 34/I Teratai masih kurang dalam mengembangkan materi pembelajaran secara kreatif dikarenakan terhambat oleh sarana dan prasarana akibat adanya pandemi COVID-19. Dalam pembelajaran tematik, guru kelas IVA SDN 34/I Teratai melakukan pembelajaran yang berpusat pada siswa, memberikan pengalaman langsung karena siswa belajar sendiri dirumah masing-masing yang didampingi oleh orang tua, pemisahan mata pelajaran samar dan bersifat fleksibel. Pembelajaran yang dilakukan tidak dapat menggunakan prinsip belajar sambil bermain dan prinsip pembelajaran yang menyenangkan karena siswa hanya melakukan pembelajaran sendiri dirumah dan guru kelas IVA SDN 34/I Teratai tidak melakukan pengembangan materi untuk menjadikan pembelajaran yang mmenyenangkan serta sambil bermain. Sebagai seorang guru harus dapat menguasai aspek-aspek yang ada dalam Kompetensi Guru tersebut dalam kondisi pembelajaran secara tatap muka maupun penbelajaran secara jarak jauh. Dari hasil penelitian ini, diharapkan guru untuk terus meningkatkan profesionalitas seorang guru baik secara daring maupun luring.
Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LA History of education |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PGSD |
Depositing User: | TATI KARYATI |
Date Deposited: | 30 Mar 2021 01:39 |
Last Modified: | 30 Mar 2021 01:39 |
URI: | https://repository.unja.ac.id/id/eprint/19222 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |