Wilyanti, Liza Septa and larlen, larlen (2020) Pengembangan Bahan Ajar Video Tutorial Materi Olah Vokal pada Mata Kuliah Drama. Pena : Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, 10 (1). pp. 37-47. ISSN 2615-7705
Text
7921 - Published Version Download (44kB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan bahan ajar video tutorial materi olah vokal pada Mata Kuliah Drama di FKIP Universitas Jambi. Bahan ajar yang dikembangkan harus memenuhi unsur-unsur validitas, efektivitas, dan praktikalitas. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan yang mengadopsi model ADDIE (analyse, design, develop, implement, and evaluate). Bahan ajar video tutorial yang telah dikembangkan diimplementasikan pada mahasiswa yang mengontrak Mata Kuliah Drama semester dua. Data penelitian dianalisis menggunakan teknik analisis data deskriptif kualitatif dan kuantitatif. Bahan ajar divalidasi oleh dua orang ahli. Satu validator adalah pakar di bidang pengembangan bahan ajar dan satu validator yang dipandang ahli di bidang drama. Berdasarkan hasil analisis data, kemampuan olah vokal mahasiswa rata-rata sebelum menggunakan bahan ajar video tutorial materi olah vokal adalah 72. Nilai ini sedikit berada di atas nilai KKM yang berlaku, yaitu 70. Masih terdapat 15 orang mahasiswa yang memiliki nilai di bawah KKM. Presentase kegagalan nilai mahasiswa mencapai KKM mencapai 41,7%. Setelah menggunakan bahan ajar video tutorial materi olah vokal, terjadi peningkatan. Kemampuan olah vokal mahasiswa ratarata di kelas tersebut naik menjadi 82,9. Mahasiswa yang semula masih memiliki nilai di bawah KKM turun menjadi 3 orang mahasiswa saja. Presentase kegagalan nilai mahasiswa mencapai KKM turun menjadi 8,3%.
Type: | Article |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bahasa dan Sasra Indo |
Depositing User: | Wilyanti |
Date Deposited: | 06 Apr 2021 03:41 |
Last Modified: | 06 Apr 2021 03:41 |
URI: | https://repository.unja.ac.id/id/eprint/19257 |
Actions (login required)
View Item |