PEMANFAATAN LINGKUNGAN SEKITAR SEBAGAI SUMBER BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPA DI MASA PANDEMI

Andriani, Litia and Suhandi, Andi and Pamela, Issaura Sherly (2021) PEMANFAATAN LINGKUNGAN SEKITAR SEBAGAI SUMBER BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPA DI MASA PANDEMI. S1 thesis, Universitas Jambi.

[img] Text
SKRIPSI_FULL_LITIAANDRIANI.pdf

Download (2MB)
[img] Text
cover dllll.pdf

Download (405kB)
[img] Text
Halaman Persetujuan.pdf

Download (157kB)
[img] Text
BAB 1.pdf

Download (19kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (12kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (23kB)

Abstract

Pentingnya pembelajaran IPA di SD yang berorientasi pada pemberian pengalaman langsung kepada peserta didik. Penerapan pembelajaran yang demikian, salah satunya dapat diaplikasikan melalui pembelajaran IPA di alam terbuka. Pembelajaran di alam terbuka sangat penting dilaksanakan untuk mengembangkan konsep sains, karena siswa diajak untuk bersentuhan langsung dengan objek yang berkaitan dengan materi. Tujuan yang ingin dicapai dalam penelitian ini yaitu untuk mendeskripsikan pemanfaatan lingkungan sekitar sebagai sumber belajar siswa pada mata pelajaran IPA di masa pandemi. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif, pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan metode wawancara, observasi, dokumentasi. Analisis data penelitian melalui reduksi data, penyajian data, dan verifikasi data, yang kemudian diperiksa keabsahannya melalui triangulasi data. Hasil penelitian menunjukan bahwa pembelajaran melalui kombinasi tugas di lingkungan sekitar menggunakan langkah-langkah pembelajaran. Kegiatan perencanaan antara lain; apersepsi, pre tes, melakukan pengecekan terhadap jumlah siswa yang hadir, kegiatan perencanaan yaitu mengkondisikan siswa agar siap dalam melaksanakan pembelajaran, kegiatan pelaksanaan yaitu guru menerangkan materi pelajaran IPA, guru menjelaskan pengertian, kegunaan dan manfaat sesuai dengan materi, memberikan contoh dan siswa selanjutnya menyebutkan contoh yang ada dilingkungan sekitarnya. Setelah selesai menyebutkan contoh, kemudian siswa diminta oleh guru untuk mempraktekan kegunaan media pesawat sederhana seperti katrol, gerobak sorong dan pengungkit sebagai bahan ajar yang ada disekitar mereka di alam terbuka. Siswa yang sudah mempraktekan kegiatan tersebut mengumpulkan tugas sesuai dengan waktu yang telah ditentukan oleh guru yaitu pada waktu pagi-sore melalui dokumentasi foto yang dikirimkan via whatsapp kelas, selanjutnya guru melakukan penilaian hasil praktikum melalui LKPD yang dikerjakan siswa dan dikumpulkan ke sekolah. Pada kegiatan evaluasi, guru mengajak siswa mereview pembelajaran dengan meminta siswa menjawab pertanyaan-pertanyaan yang disampaikan oleh guru mengenai materi dan tugas. Setelah pembelajaran selesai, maka pembelajaran ditutup dengan salam dan membaca doa bersama-sama. Berdasarkan hasil penelitian maka dapat disimpulkan bahwa siswa telah memanfaatkan lingkungan sekitar seperti siswa berhasil untuk menguasai indikator yang diinginkan oleh peneliti yang telah disebutkan di RPP (Rencana Pelaksanaan Pembelajaran), siswa dapat menjelaskan pengertian materi dengan baik dan benar, siswa dapat menyebutkan contoh materi yang ada di lingkungan sekitar seperti siswa sedang mendorong gerobak, kemudian siswa mengambil tanah untuk memahami dari jenis-jenis tanah yang ada di lingkungan sekitar.

Type: Thesis (S1)
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LA History of education
Depositing User: Litia Andriani
Date Deposited: 06 Apr 2021 07:39
Last Modified: 06 Apr 2021 07:39
URI: https://repository.unja.ac.id/id/eprint/19295

Actions (login required)

View Item View Item