Nabela, Uli and Chan, Faizal and Budiono, Hendra (2021) Peran Orang Tua Dalam Mendampingi Anak Pada Pembelajaran Jarak Jauh Di Kelas II Sekolah Dasar Negeri 211/IX Mendalo Darat. S1 thesis, Universitas Jambi.
![]() |
Text
SKRIPSI ULI NABELA A1D117142-dikonversi.pdf Download (2MB) |
![]() |
Text
COVER-dikonversi (1).pdf Download (17kB) |
![]() |
Text
HALAMAN PERSETUJUAN-dikonversi.pdf Download (70kB) |
![]() |
Text
BAB II-dikonversi.pdf Download (127kB) |
![]() |
Text
BAB V-dikonversi.pdf Download (38kB) |
![]() |
Text
DAFTAR PUSTAKA-dikonversi.pdf Download (99kB) |
Abstract
Nabela, Uli. 2021. Peran Orang Tua Dalam Mendampingi Anak Pada Pembelajaran Jarak Jauh Di Kelas II Sekolah Dasar Negeri 211/IX Mendalo Darat. Skripsi Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Jurusan Pendidikan Anak Usia Dini dan Dasar, FKIP Universitas Jambi. Pembimbing: (I) Drs. Faizal Chan, S.Pd., M.Si., (II) Hendra Budiono, S.Pd., M.Pd. Kata Kunci: Peran Orang Tua, Mendampingi Anak, Pembelajaran jarak jauh Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan peran orang tua dalam mendampingi anak selama pembelajaran jarak jauh di kelas II Sekolah Dasar. Penelitian ini dilakukan di Sekolah Dasar Negeri 211/IX Mendalo Darat pada Januari-Februari 2021. Pendekatan yang digunakan berupa pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian fenomenologi. Informan yang dipilih dalam penelitian ini yaitu orang tua siswa kelas II Sekolah Dasar Negeri 211/IX Mendalo Darat. Data dalam penelitian ini diperoleh dengan teknik pengumpulan data berupa observasi, wawancara, dan dokumentasi. Kemudian data dianalisis dengan menggunakan teknik analisis model Miles and Huberman dengan menggunakan 3 tahap, yaitu reduksi data, penyajian data, dan verifikasi data atau penarikan kesimpulan. Hasil dari penelitian ini yaitu orang tua siswa kelas II Sekolah Dasar Negeri 211/IX Mendalo Darat telah berperan aktif dalam mendampingi anak pada pembelajaran jarak jauh. Bentuk peran orang tua dalam mendampingi anak pada pembelajaran jarak jauh adalah menyediakan fasilitas belajar, memberikan motivasi, mengawasi anak dalam belajar, dan membantu mengatasi kesulitan belajar. Memberikan semangat dan dukungan serta memberikan hadiah, meluangkan waktu untuk mendampingi anak, dan menanyakan kesulitan anak saat belajar serta memberikan pengetahuan kepada anak. Kesimpulan dari penelitian ini adalah bahwa peran orang tua dalam mendampingi anak pada pembelajaran jarak jauh di kelas II Sekolah Dasar Negeri 211/IX Mendalo Darat adalah menyediakan fasilitas belajar, memberikan motivasi, mengawasi anak dalam belajar, dan membantu mengatasi kesulitan belajar.
Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LA History of education |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Fisika |
Depositing User: | Uli Nabela |
Date Deposited: | 19 Apr 2021 02:04 |
Last Modified: | 19 Apr 2021 02:04 |
URI: | https://repository.unja.ac.id/id/eprint/19304 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |