Lamambar, Andika (2021) PEMANFAATAN TEKNOLOGI INFORMASI DAN KOMUNIKASI DALAM PEMBELAJARAN DI ERA NEW NORMAL KELAS IV SEKOLAH DASAR NEGERI 182/I HUTAN LINDUNG. S1 thesis, Universitas Jambi.
![]() |
Text
SKRIPSI ANDIKA APRILLIO L (A1D117151).pdf Restricted to Repository staff only Download (2MB) |
![]() |
Text
COVER.pdf Download (27kB) |
![]() |
Text
HALAMAN PERSETUJUAN DAN PENGESAHAN.pdf Download (673kB) |
![]() |
Text
BAB I .pdf Download (342kB) |
![]() |
Text
BAB V.pdf Download (194kB) |
![]() |
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (318kB) |
Abstract
ABSTRAK Lamambar, Andika, Aprillio. 2021. Pemanfaatan Teknologi Informasi Dan Komunikasi Dalam Pembelajaran Di Era New Normal Kelas IV Sekolah Dasar Negeri 182/I Hutan Lindung. SKRIPSI, Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Jurusan Pendidikan Anak Usia Dini dan Dasar, FKIP Universitas Jambi. Pembimbing: (I) Drs. Arsil, M.Pd. (II) Ahmad Hariandi, S.Pd.I., M.Ag Kata Kunci: TIK, New Normal, Pembelajaran Sekolah Dasar. Pada pembelajaran new normal saat ini pemanfaatan teknologi informasi dan komunikasi menjadi sangat penting. Hal ini dikarenakan sistem pembelajaran yang ada dilakukan secara daring antara peserta didik dan guru. Penelitian ini bertujuan untuk untuk mendeskripsikan pemanfaatan teknologi informasi dan komunikasi dalam pembelajaran di Sekolah Dasar Negeri 182/I Hutan Lindung. Penelitian ini dilaksanakan pada semester genap tahun ajaran 2020/2021 di Sekolah Dasar Negeri 182/I Hutan Lindung. Data penelitian diperoleh dengan cara melakukan observasi, wawancara dan dokumentasi mengenai pemanfaatan teknologi informasi dan komunikasi dalam pembelajaran new normal di kelas IV sekolah dasar. Adapun subjek penelitian ini adalah Guru kelas tinggi yaitu wali kelas IV. Setelah itu, dilakukan pengumpulan data untuk dianalisis menggunakan teknik Miles dan Huberman. Berdasarkan hasil penelitian mengenai pemanfaatan teknologi informasi dan komunikasi dalam pembelajaran di era new normal kelas IV Sekolah Dasar Negeri 182/I Hutan Lindung dapat dijelaskan yakni; pertama, pemanfaatan laptop dimana guru dalam menyimpan dokumen dan video pembelajaran yang digunakan selama proses belajar mengajar. Guru juga membuat program software berupa microsoft powerpoint yang memuat materi atau informasi pembelajaran yang akan dijadikan sebagai bahan pembuatan video pembelajaran. Kedua adalah pemanfaatan Smartphone yaitu sebagai penyampaian materi atau tugas melalui smartphone. Ketiga adalah pemanfaatan jaringan internet yaitu mencari sumber belajar. Implikasi terhadap hasil pembelajaran bahwa penggunaan teknologi informasi belum memberikan dampak yang luas terhadap prestasi belajar peserta didik khususnya dalam kelompok pelajaran karena disadari teknologi informasi dan komunikasi terkadang mempunyai dampak positif dan negatif sehingga terkadang disalahgunakan oleh peserta didik namun lebih banyak digunakan sebagai hiburan atau tidak selektif dalam penggunaannya. Dalam pemanfaatan TIK sendiri mengalami kendala dipengaruhi oleh dua faktor, yakni dari guru itu sendiri dan dari media pembelajaran berbasis teknologi informasi dan komunikasi. Kesimpulan yang diperoleh dari penelitian ini yaitu guru wali kelas IV Sekolah Dasar Negeri 182/I Hutan lindung memanfaatkan teknologi informasi dan komunikasi berupa laptop, smarthphone dan jaringan internet dalam pembelajaran.
Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LA History of education |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PGSD |
Depositing User: | ANDIKA APRILLIO LAMAMBAR |
Date Deposited: | 12 Apr 2021 01:56 |
Last Modified: | 12 Apr 2021 04:13 |
URI: | https://repository.unja.ac.id/id/eprint/19308 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |