Prasetyo, Imam and Sofwan, Muhammad and Hayati, Suci (2021) PENERAPAN PENDIDIKAN KARAKTER DALAM KULTUR SEKOLAH DI SD IT ASY-SYIFA KOTA JAMBI. S1 thesis, Universitas Jambi.
![]() |
Text
COVER.pdf Download (198kB) |
![]() |
Text
PERSETUJUAN.pdf Download (376kB) |
![]() |
Text
PENGESAHAN.pdf Download (385kB) |
![]() |
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (203kB) |
![]() |
Text
BAB I.pdf Download (340kB) |
![]() |
Text
BAB V.pdf Download (193kB) |
![]() |
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (191kB) |
Abstract
Prasetyo, Imam. 2021. Penerapan Pendidikan Karakter dalam Kultur Sekolah di SD IT Asy-syifa Kota Jambi. SKRIPSI, Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Jurusan Pendidikan Anak Usia Dini dan Dasar, FKIP Universitas Jambi. Pembimbing: (I) Muhammad Sofwan, S.Pd.,M.Pd. (II) Suci Hayati, S.Pd., M.Pd. Kata Kunci: Pendidikan Karakter, Kultur. Pendidikan karakter merupakan pendidikan yang mengembangkan karakter bangsa pada peserta didik sehingga peserta didik memiliki nilai dan karakter sebagai karakter dirinya sendiri, peserta didik mampu menerapkan nilai-nilai tersebut dalam kehidupan sehari-harinya, sebagai bagian dari masyarakat dan warga negara yang nasionalis, produktif, religious dan kreatif. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan tentang penerapan pendidikan karakter dalam kultur sekolah di SD IT Asy-syifa Kota Jambi. Data Penelitian menggunakan teknik reduksi, penyajian data dan penarikkan kesimpulan. Penelitian ini dilaksanakan pada bulan Januari sampai Februari 2021 di SD IT Asy-syifa Kota Jambi. Data penelitian diperoleh dengan cara melakukan observasi, wawancara dan dokumentasi mengenai penerapan pendidikan karakter dalam kultur sekolah. Adapun subjek penelitian ini adalah Guru kelas tinggi dan kelas rendah yaitu wali kelas VI dan wali kelas III. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pendidikan karakter dalam kultur sekolah di SD IT Asy-syifa Kota Jambi terimplementasi pada lapisan artifak serta nilai dan keyakinan. Perencanaannya terdiri dari penetapan nilai-nilai karakter yaitu religius, disiplin, semangat kebangsaan, dan menghargai prestasi; penyusunan program; sosialisasi kebijakan; dan perencanaan kondisi. Pelaksanaannya yaitu melalui penyediaan fasilitas-fasilitas berbagai program yang didesain untuk membentuk karakter siswa melalui aktivitas-aktivitas pembiasaan. Evaluasi dilakukan melalui monitoring dan evaluasi akhir semester dengan instrument catatan pelanggaran serta hasil observasi monitoring. Aspek-aspek evaluasinya mencakup perencanaan, kelengkapan fasilitas, pelaksanaan, ketercapaian target serta perbandingan kondisi. Berdasarkan hasil penelitian dapat diambil kesimpulan bahwa dalam penerapan pendidikan karakter terealisasi melalui penanaman nilai-nilai karakter pada lapisan artifak dalam kultur sekolah. Program-program sekolah tersebut didesain untuk membentuk karakter siswa. Evaluasi pendidikan karakter dalam kultur sekolah dilakukan melalui tahap-tahap monitoring oleh kepala sekolah dan evaluasi bersama guru di setiap akhir semester.
Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LA History of education |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PGSD |
Depositing User: | Imam Prasetyo |
Date Deposited: | 12 Apr 2021 04:10 |
Last Modified: | 12 Apr 2021 04:10 |
URI: | https://repository.unja.ac.id/id/eprint/19329 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |