Pemodelan Tarikan Pergerakan Ke kawasan Perkantoran (Studi Kasus : Kota Baru Jambi)

Hendriko, Yopi (2021) Pemodelan Tarikan Pergerakan Ke kawasan Perkantoran (Studi Kasus : Kota Baru Jambi). S1 thesis, UNIVERSITAS JAMBI.

[img] Text
Skripsi (Yopi Hendriko).pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)
[img] Text
COVER.pdf

Download (59kB)
[img] Text
Halaman Pengesahan.pdf

Download (344kB)
[img] Text
RINGKASAN.pdf

Download (194kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (264kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (217kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (190kB)

Abstract

RINGKASAN Kawasan perkantoran Kota Baru di Kota Jambi merupakan salah satu jenis penggunaan lahan yang mempunyai daya tarik besar terjadinya arus lalu lintas atau pergerakan orang dan kendaraan, khususnya di pagi dan sore hari pada jam-jam datang ke kantor dan pulang kantor. Pembangunan kawasan perkantoran akan menimbulkan dampak lalu lintas seperti kemacetan. Oleh karena itu penelitian ini bertujuan mengetahui model tarikan pergerakan pada kawasan perkantoran tersebut. Metode penelitian yang digunakan adalah kuantitatif dengan teknik analisis regresi lininear berganda. Sampel penelitian terdiri atas 32 kantor yang berada dalam kawasan perkantoran Kota Baru Jambi. Pengambilan data dilakukan dengan cara melakukan survei pencatatan jumlah kendaraan yang datang ke gedung perkantoran. Waktu pengamatan pada penelitian ini dilakukan pada hari senin dan rabu. Data yang diambil adalah pada jam puncak kendaraan yang datang ke setiap kantor. Penelitian ini menjadikan tarikan pergerakan kendaraan (Y) adalah variabel terikat dan untuk variabel bebas adalah jumlah pegawai (X1), luas lantai banguanan (X2), luas areal parkir (X3) dan luas areal kantor (X4). Analisis data dengan regresi liniear berganda metode enter dan stepwise dengan bantuan program SPSS. Dari hasil analisis model tarikan pergerakan kendaraan tata guna lahan membentuk persamaan regresi linear berganda Y = -27,321 + 0,329 X1 + 0,001 X2 + 0,058 X3 + 0,002 X4 dan Y = -5,217 + 0,465 X1 dengan nilai R2 98% artinya jumlah pegawai (X1) mempuayai pengaruh besar terhadap pergerakan kendaraan, model yang paling sesuai untuk digunakan sebagai model pergerakan kendaraan kawasan perkantoran Kota Baru Jambi.

Type: Thesis (S1)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Teknik > Teknik Sipil
Depositing User: YOPI HENDRIKO
Date Deposited: 12 Apr 2021 01:47
Last Modified: 14 Apr 2021 03:23
URI: https://repository.unja.ac.id/id/eprint/19340

Actions (login required)

View Item View Item