Priyono, Adi (2021) PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA PESERTA DIDIK (LKPD) BERBASIS PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA MATERI PECAHAN DI KELAS V SEKOLAH DASAR. S1 thesis, Universitas Jambi.
![]() |
Text
Adi Priyono(A1D117156).pdf Restricted to Repository staff only Download (14MB) |
![]() |
Text
cover adi.pdf Download (21kB) |
![]() |
Text
HALAMAN PERSETUJUAN & PENGESAHAN.pdf Download (306kB) |
![]() |
Text
BAB I.pdf Download (127kB) |
![]() |
Text
BAB V.pdf Download (8kB) |
![]() |
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (10kB) |
Abstract
Penelitian dan pengembangan ini bertujuan untuk mengetahui prosedur pengembangan lembar kerja peserta didik berbasis pemecahan masalah matematika materi pecahan di kelas V sekolah dasar yang valid dan praktis. Data dalam penelitian ini berupa data kualitatif dan data kuantitatif, data kuantitatif berupa hasil perolehan skor yang didapat melalui angket validasi dan angket kepraktisan produk. Sedangkan data kualitatif diperoleh melalui saran dan masukan yang diberikan oleh validator ahli materi, bahasa dan media. Lembar kerja peserta didik berbasis pemecahan masalah matematika materi pecahan di kelas V sekolah dasar ini dikembangkan menggunakan model ADDIE. Model ADDIE adalah model pengembangan dengan tahapan-tahapan analisis, desain, development (pengembangan), implementasi dan evaluasi. Hasil dari penelitian dan pengembangan ini berupa lembar kerja peserta didik berbasis pemecahan masalah matematika materi pecahan di kelas V sekolah dasar. Produk LKPD kemudian dilakukan validasi berupa validasi materi, validasi bahasa dan validasi media. Hasil dari validasi materi memperoleh skor rata-rata 4,2 dengan persentase 84%, untuk validasi bahasa memperoleh skor rata-rata 3,3 dengan persentase 76% dan validasi media memperoleh skor rata-rata 4,05 dengan persentase 80,95%. Dari hasil validasi yang dilakukan terhadap produk LKPD dapat dikatakan bahwa LKPD berbasis pemecahan masalah matematika ini valid dan dapat diujicobakan. Selain melakukan validasi LKPD berbasis pemecahan masalah matematika ini juga dilakukan uji praktisi melalui angket yang diisi oleh pendidik dan peserta didik. Hasil uji praktisi yang dilakukan oleh pendidik memperoleh skor rata-rata 4,18 dengan persentase 82,5% yang dapat dikategorikan sangat praktis. Sedangkan validasi kepraktisan yang dilakukan oleh siswa memperoleh skor rata-rata 4,05 dengan persentase 80,95% dan dapat dikategorikan sangat praktis.
Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PGSD |
Depositing User: | ADI PRIYONO |
Date Deposited: | 12 Apr 2021 01:35 |
Last Modified: | 13 Apr 2021 07:03 |
URI: | https://repository.unja.ac.id/id/eprint/19352 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |