PELAKSANAAN GURU DALAM MENANAMKAN NILAI NASIONALISME DI SD NEGERI 209/VI RENAH ALAI KABUPATEN MERANGIN

Ali Ardo, Muhamad (2020) PELAKSANAAN GURU DALAM MENANAMKAN NILAI NASIONALISME DI SD NEGERI 209/VI RENAH ALAI KABUPATEN MERANGIN. S1 thesis, UNIVERSITAS JAMBI.

[img] Text
cover aldo.pdf

Download (65kB)
[img] Text
CamScanner 04-14-2021 09.49_2.pdf

Download (396kB)
[img] Text
CamScanner 04-14-2021 10.04.pdf

Download (123kB)
[img] Text
daftar isi aldo.pdf

Download (27kB)
[img] Text
Bab I aldo.pdf

Download (82kB)
[img] Text
Bab II ALDO.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (130kB)
[img] Text
Bab III ALDO.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (25kB)
[img] Text
Bab VI ALDO.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (138kB)
[img] Text
bab v aldo.pdf

Download (10kB)

Abstract

ABSTRAK Ardo, M. Ali : “Pelaksanaan Guru Dalam Menanamkan Nilai Nasionalisme di SD Negeri 209/VI Renah Alai”. Skripsi Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Jurusan Ilmu Pendidikan, FKIP Universitas Jambi, Dosen Pembimbing (1) Drs. Faizal Chan, S.Pd., M.Si (2) Muhammad Sofwan, M.Pd Kata kunci : Pelaksanaan Penanaman Nilai Nasionalisme Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pelaksanaan penanaman nilai nasionalisme dan hambatan pelaksanaan penanaman nilai nasionalisme. Pelaksanaan dan hambatan yang menjadi kajian dalam penelitian ini adalah pelaksanaan penanaman nilai nasionalisme di dalam kegiatan pembelajaran dan di luar kegiatan pembelajaran serta hamabatan pelaksanaan penanaman nilai nasionalisme di dalam dan di luar kegiatan pembelajaran. Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Subjek penelitian ini adalah Kepala Sekolah, guru kelas tiga, guru kelas enam, perwakilan siswa kelas tiga dan kelas enam SD Negeri 209/IV Renah Alai. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah wawancara, observasi dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis data Miles dan Huberman yaitu mengumpulkan data, reduksi data, display data dan pengambilan kesimpulan. Teknik keabsahan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah triangulasi sumber dan teknik. Hasil penelitian menunjukan bahwa SD Negeri 209/IV Renah Alai telah melakukan pelaksanaan penanaman nilai nasionalisme di dalam kegiatan pembelajaran dan di luar pembelajaran. adapun contoh dari pelaksanaan penanaman nilai nasionalisme di dalam kegiatan pembelajaran adalah seperti, guru dan siswa selalu menyanyikan lagu indonesia raya sebelum melaksanakan kegiatan pembelajaran, mengumandangkan salam ABITA, dan guru juga selalu menyelipkan nilai nasionalisme di dalam kegiatan pembelajaran. Sedangkan pelaksanaan penanaman nilai nasionalisme di luar pembelajaran adalah sebagai berikut, ekstrakulikuler pramuka, upacara hari senin, upacara hari besar, membiasakan bersalaman dengan guru sebelum memasuki kelas. Sedangkan hambatan pelaksanaan penanaman nilai nasionalisme di SD Negeri 209/IV Renah Alai terbagi menjadi dua yaitu di dalam kegiatan pembelajaran dan di luar kegiatan pembelajaran. Di dalam kegiatan pembelajaran meliputi hambatan kompetensi dan kurikulum sedangkan di luar pembelajaran meliputi hambatan lingkungan keluarga.

Type: Thesis (S1)
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LA History of education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PGSD
Depositing User: M. ALI ARDO
Date Deposited: 15 Apr 2021 02:35
Last Modified: 15 Apr 2021 02:35
URI: https://repository.unja.ac.id/id/eprint/19434

Actions (login required)

View Item View Item