Implementasi Supervisi Akademik Kepala Sekolah di SMK Negeri 1 Kota Jambi

Elvirawati, Ratih (2021) Implementasi Supervisi Akademik Kepala Sekolah di SMK Negeri 1 Kota Jambi. S1 thesis, Universitas Jambi.

[img] Text
SKRIPSI_RATIH ELVIRAWATI_A1D517007_FIX.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (15MB)
[img] Text
Cover.pdf

Download (838kB)
[img] Text
Halaman Persetujuan.pdf

Download (264kB)
[img] Text
Halaman Pengesahan.pdf

Download (268kB)
[img] Text
Abstrak.pdf

Download (445kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (61kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (507kB)
[img] Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (596kB)

Abstract

Tujuan Penelitian ini adalah untuk mengetahui dan mendeskripsikan bagaimana implementasi supervisi akademik oleh kepala sekolah di Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) Negeri 1 Kota Jambi. Penelitian ini dilatarbelakangi atas dasar bahwasanya kepala sekolah dalam melaksanakan perannya sebagai supervisor pendidikan belum sepenuhnya optimal. Penelitian ini menggunakan metode pendekatan deskriptif kualitatif dengan jenis penelitian studi kasus (case study). Subjek penelitian adalah kepala sekolah, wakil kepala sekolah bidang kurikulum, dan masing-masing guru yang mewakili setiap program keahlian. Teknik yang di gunakan dalam penelitian ini adalah Purposive Sampling. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan metode wawancara. Teknik analisis data yang digunakan adalah reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Ditinjau dari aspek perencanaan supervisi akademik, kepala sekolah belum optimal melibatkan seluruh elemen guru dalam perencanaan program supervisi akademik, sehingga guru kurang mengetahui tujuan, sasaran, metode, pendekatan, dan tindak lanjut seperti apa yang akan diberikan dan ingin dicapai. (2) Ditinjau dari aspek pelaksanaan supervisi akademik, kepala sekolah jarang terjun langsung dalam mensupervisi ke kelas-kelas. Pelaksanaan supervisi akademik di SMK Negeri 1 Kota Jambi juga belum dilakukan secara merata. Disamping itu, pelaksanaan supervisi akademik di SMK Negeri 1 Kota Jambi khususnya dalam kurun waktu satu tahun terakhir terhitung sejak pandemi Covid-19 dilakukan secara daring dengan fokus pada administrasi dan kehadiran guru saja. (3) Ditinjau dari aspek tindak lanjut supervisi akademik, kepala sekolah telah memberikan umpan balik atau tindak lanjut yang cukup baik terhadap hasil supervisi. Hal ini dapat dibuktikan dengan kepala sekolah yang telah melakukan diskusi akhir dengan mengajak guru berdiskusi terkait permasalahan yang dihadapi ketika mengajar, kesulitan apa yang dialami, serta memberikan saran dan solusi terhadap permasalahan tersebut. Selain itu, kepala sekolah turut memberikan pembinaan dengan mengikutsertakan guru-guru dalam berbagai kegiatan workshop dan pelatihan baik yang dilakukan secara internal maupun secara eksternal. Dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa implementasi supervisi akademik kepala sekolah di SMK Negeri 1 Kota Jambi sudah cukup baik namun belum optimal. Kata Kunci : Supervisi Akademik, Kepala Sekolah

Type: Thesis (S1)
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LA History of education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Administrasi Pendidikan
Depositing User: ELVIRAWATI
Date Deposited: 15 Apr 2021 02:39
Last Modified: 15 Apr 2021 02:39
URI: https://repository.unja.ac.id/id/eprint/19442

Actions (login required)

View Item View Item