Analisis Kesulitan Belajar Peserta Didik dalam Mengikuti Pembelajaran Daring Selama Masa Pandemic Covid-19

Rahmadini, Dwi (2021) Analisis Kesulitan Belajar Peserta Didik dalam Mengikuti Pembelajaran Daring Selama Masa Pandemic Covid-19. S1 thesis, Universitas Jambi.

[img] Text
SKRIPSI BAB 1-5_DWI RAHMADINI_A1D117004.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
COVER.pdf

Download (403kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (418kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (186kB)
[img] Text
Halaman Pengesahan.pdf

Download (50kB)
[img] Text
daftarpustaka0200015077.pdf

Download (270kB)

Abstract

ABSTRAK Rahmadini, Dwi. 2021. Analisis Kesulitan Belajar Peserta Didik Dalam Mengikuti Pembelajaran Daring Selama Masa Pandemic Covic-19. Skripsi, Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar. Jurusan Anak Usia Dini dan Dasar, FKIP, Universitas Jambi. Pembimbing (I) Drs, Andi Suhandi, S.Pd, M.Pd. I., Pembimbing (II) Issaura Sherly Pamela, S.Pd, M.Pd. Kata Kunci : Kesulitan belajar, Pembelajaran Daring. Saat ini masyarakat Indonesia mengalami wabah pandemic virus covid-19 yang mengganggu disemua sektor kehidupan termasuk pendidikan. Pandemi covid-19 telah membuat sistem pembelajaran yang biasanya dilakukan dengan tatap muka langsung di sekolah terpaksa digantikan dengan proses pembelajaran daring. Tidak terkecuali di Sekolah Dasar Negeri 04 Garegeh Bukittinggi juga melakukan pembelajaran daring dengan menggunakan aplikasi yakni WhatsApp. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kesulitan belajar peserta didik dalam mengikuti pembelajaran daring selama masa pandemic covid-19 di kelas V Sekolah Dasar Negeri 04 Garegeh. Penelitian ini dilaksanakan di Sekolah Dasar Negeri 04 Garegeh pada semester genap tahun ajaran 2021/2022. Penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif dengan jenis penelitian studi kasus. Subjek dari penelitian ini adalah peserta didik kels V Sekolah Dasar Negeri 04 Garegeh.Data penelitian ini diperoleh dengan menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian dan pembahasan mengenai analisis kesulitan belajar peserta didik dalam mengikuti pembelajaran daring selama masa pandemic covid-19 pada peserta didik kelas V Sekolah Dasar Negeri 04 Garegeh yaitu : 1). Kesulitan fasilitas, 2). Kesulitan adaptasi, 3). Kesulitan peserta didik dalam memahami materi pelajaran. Kesulitan fasilitas yang dialami peserta didik dalam mengikuti pembelajaran daring adalah kesulitan sinyal internet dan kesulitan karena tidak memiliki handphone untuk digunakan ketika pembelajaran daring. Kesulitan adaptasi yang dialami peserta didik dalam mengikuti pembelajaran daring adalah tidak terbiasa dalam melakukan pembelajaran daring, tugas yang diberikan oleh guru terlalu banyak, kesulitan berkonsentrasi, dan malas melakukan pembelajaran yang dilakukan secara daring. Kesulitan peserta didik dalam memahami materi pelajaran karena kurangnya penjelasan materi pelajaran oleh guru

Type: Thesis (S1)
Subjects: L Education > LA History of education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PGSD
Depositing User: Dwi Rahmadini
Date Deposited: 15 Apr 2021 03:17
Last Modified: 15 Apr 2021 03:17
URI: https://repository.unja.ac.id/id/eprint/19448

Actions (login required)

View Item View Item