Upaya Guru Dalam Membentuk Karakter Tanggung Jawab Pada Siswa Kelas III SD.Negeri 15/III Tj. pauh mudik danau kerinci barat

hendriyati, bella and Nelli, Destri and Sofwan, Muhammad (2021) Upaya Guru Dalam Membentuk Karakter Tanggung Jawab Pada Siswa Kelas III SD.Negeri 15/III Tj. pauh mudik danau kerinci barat. S1 thesis, Universitas Jambi.

[img] Text
skripsi bella hendriyati(A1D116123).pdf

Download (2MB)
[img] Text
cover.pdf

Download (112kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (196kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (88kB)
[img] Text
halaman pengasahan.pdf

Download (210kB)
[img] Text
halaman persetujuan.pdf

Download (190kB)

Abstract

ABSTRAK Hendriyati, Bella. 2020. “Upaya Guru dalam Membentuk Karakter tanggung jawab pada Siswa Kelas III Tanjung Pauh Mudik Danau Kerinci Barat”. Skripsi Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Jurusan Ilmu Pendidikan, FKIP Universitas Jambi, Dosen Pembimbing (1) Drs. Destrinelli, M.Pd (2) Muhammad Sofwan, S.Pd., M.Pd Kata kunci: implementasi pendidikan karakter tanggung jawab Berdasarkan tujuan pendidikan nasional, pendidikan di sekolah tidak hanya terkait upaya penguasaan dibidang akademik saja, namun harus diimbangi dengan pembentukan karakter peserta didik. Sekolah merupakan salah satu tempat yang efektif bagi pembentukan karakter individu. Sejak dahulu, sekolah telah memiliki tujuan utama dalam bidang pendidikan yaitu membentuk manusia yang cerdas juga memiliki watak dan karakter yang baik. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan upaya guru dalam membentuk karakter tanggung jawab pada siswa kelas III Tanjung Pauh Mudik Danau Kerinci Barat. Penelitian ini merupakan penelitian deskiptif kualitatif. Subjek penelitian adalah kepala sekolah, guru, dan siswa kelas III Tanjung Pauh Mudik Danau Kerinci Barat. penelitian ini adalah upaya guru dalam membentuk karakter tanggung jawab. Penelitian ini menggunakan teknik pengumpulan data berupa observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data menggunakan teknik analisis Miles dan Huberman (reduksi data, display data, dan penarikan kesimpulan). Uji keabsahan data menggunakan triangulasi teknik dan sumber. Hasil penelitian menunjukkan bahwa upaya guru dalam membentuk karakter tanggung jawab pada siswa kelas III Tanjung Pauh Mudik Danau Kerinci Barat meliputi tiga aspek yaitu perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi. Perencanaan dilakukan dengan cara memasukkan pendidikan karakter ke dalam kurikulum dan tata tertib sekolah. Pelaksanaan implementasi dengan mengintegrasikan karakter Tanggung jawab dalam kegiatan pengembangan diri, mata pelajaran, dan budaya sekolah. Evaluasi dilakukan dengan penilaian sikap siswa dan melakukan evaluasi bersama kepala sekolah, guru, dan wali siswa.

Type: Thesis (S1)
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LA History of education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PGSD
Depositing User: BELLA HENDRIYATI
Date Deposited: 16 Apr 2021 07:23
Last Modified: 16 Apr 2021 07:38
URI: https://repository.unja.ac.id/id/eprint/19449

Actions (login required)

View Item View Item