ANALISIS INDEKS KEPUASAN ANGGOTA DAN FAKTOR YANG MEMPENGARUHINYA (Studi Kasus Koperasi Unit Desa Sri Rezeki Sungai Bahar X Kabupaten Muaro Jambi)

Arpizal, Arpizal and Syuhada, Siti ANALISIS INDEKS KEPUASAN ANGGOTA DAN FAKTOR YANG MEMPENGARUHINYA (Studi Kasus Koperasi Unit Desa Sri Rezeki Sungai Bahar X Kabupaten Muaro Jambi). -. (Unpublished)

[img] Text
ARTIKEL PENELITIAN KUD 2016 (Drs. H. Arpizal, M.Pd).pdf

Download (631kB)

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat indeks kepuasan anggota terhadap pelayanan Koperasi Unit Desa Sri Rezeki Sungai Bahar X Kabupaten. Muaro Jambi dan sekaligus mengetahui faktor langsung dan tidak langsung dari indeks kepuasan anggota pada Koperasi Unit Desa Sri Rezeki Sungai Bahar X Kabupaten. Muaro Jambi. Metode penelitian yang digunakan pada penelitian ini adalah metode survei, yaitu suatu penelitian dengan cara mengambil sampel dari suatu populasi yang bertujuan memperoleh generalisasi sejauh populasi dari mana sampel tersebut diambil. Sesuai dengan tujuan penelitian yang ingin dicapai, maka penelitian ini dilakukan sampai taraf inferensial (penelitian inferensial). Teknik penarikan sampel yang digunakan pada penelitian ini adalah Stratified Random Sampling. Ukuran sampel dalam penelitian ini ditentukan dengan menggunakan metoda iterati. Intrumen penelitian dilakukan uji validitas dan Uji reliabilitas. Uji reliabilitas instrumen dimaksudkan untuk mengetahui apakah alat pengumpul data pada dasarnya menunjukkan tingkat kepekaan, keakuratan, kestabilan atau konsistensi alat tersebut dalam mengungkapkan gejala tertentu dari sekelompok individu, walaupun dilakukan pada waktu yang berbeda. Uji reliabilitas instrumen pada pelaksanaannya menggunakan metode belah dua (split half method). Skala pengukuran dari data yang diperoleh adalah bervariasi yaitu skala ordinal dan rasio. Untuk data penelitian yang skala ordinal dilakukan transformasi menjadi skala interval dengan menggunakan Method of Succesive Interval (MSI). Nilai Indeks Kepuasan Anggota (IKA) dihitung dengan menggunakan “nilai rata-rata tertimbang” masing-masing unsur pelayanan. Untuk mengetahui faktor langsung dan tidak langsung dari indeks kepuasan anggota pada Koperasi Unit Desa Sri Rezeki Sungai Bahar X Kabupaten. Muaro Jambi digunakan analisis jalur (path analysis). Pada penelitian ini, dapat ditarik beberapa kesimpulan yaitu 1) Indeks kepuasan anggota terhadap pelayanan Koperasi Unit Desa Sri Rezeki Sungai Bahar X Kabupaten Muaro Jambi adalah kategori baik; dan 2) Indeks kepuasan anggota pada Koperasi Unit Desa Sri Rezeki Sungai Bahar X Kabupaten Muaro Jambi secara simultan dan parsial dipengaruhi oleh prosedur pelayanan, sikap petugas pelayanan, kemampuan petugas pelayanan, kecepatan, ketepatan dan keadilan pelayanan, biaya pelayanan dan kenyamanan dan keamanan pelayanan Kata Kunci : Kepuasan, Koperasi Unit Desa

Type: Article
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Ekonomi
Depositing User: ARPIZAL
Date Deposited: 16 Apr 2021 03:16
Last Modified: 16 Apr 2021 03:16
URI: https://repository.unja.ac.id/id/eprint/19453

Actions (login required)

View Item View Item