Arpizal, Arpizal and Syuhada, Siti FAKTOR YANG MEMPENGARUHI INDEKS KEPUASAN ANGGOTA KOPERASI SIMPAN PINJAM LESTARI MAKMUR DESA PANDAN MAKMUR KECAMATAN GERAGAI KABUPATEN TANJUNG JABUNG TIMUR. -.
Text
737-0016096105-2017-artikel-ARTIKEL a.n Drs. H. ARPIZAL, M.Pd.pdf Download (596kB) |
Abstract
ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat indeks kepuasan anggota terhadap pelayanan Koperasi Simpan Pinjam Lestari Makmur Desa Pandan Makmur Kecamatan Geragai Kabupaten Tanjung Jabung Timur dan sekaligus mengetahui faktor langsung dan tidak langsung dari indeks kepuasan anggota pada Koperasi Simpan Pinjam Lestari Makmur Desa Pandan Makmur Kecamatan Geragai Kabupaten Tanjung Jabung Timur. Metode penelitian yang digunakan pada penelitian ini adalah metode survei, yaitu suatu penelitian dengan cara mengambil sampel dari suatu populasi yang bertujuan memperoleh generalisasi sejauh populasi dari mana sampel tersebut diambil. Sesuai dengan tujuan penelitian yang ingin dicapai, maka penelitian ini dilakukan sampai taraf inferensial (penelitian inferensial). Teknik penarikan sampel yang digunakan pada penelitian ini adalah Stratified Random Sampling. Uji reliabilitas instrumen pada pelaksanaannya menggunakan metode belah dua (split half method). Skala pengukuran dari data yang diperoleh adalah bervariasi yaitu skala ordinal dan rasio. Nilai Indeks Kepuasan Anggota (IKA) dihitung dengan menggunakan “nilai rata-rata tertimbang” masing-masing unsur pelayanan. Untuk mengetahui faktor langsung dan tidak langsung dari indeks kepuasan anggota pada Koperasi Simpan Pinjam Lestari Makmur Desa Pandan Makmur Kecamatan Geragai Kabupaten Tanjung Jabung Timur digunakan analisis jalur (path analysis). Pada penelitian ini, dapat ditarik beberapa kesimpulan yaitu 1) Indeks kepuasan anggota terhadap pelayanan Koperasi Unit Desa Sri Rezeki Sungai Bahar X Kabupaten Muaro Jambi adalah kategori baik; dan 2) Indeks kepuasan anggota pada Koperasi Unit Desa Sri Rezeki Sungai Bahar X Kabupaten Muaro Jambi secara simultan dan parsial dipengaruhi oleh prosedur pelayanan, sikap petugas pelayanan, kemampuan petugas pelayanan, kecepatan, ketepatan dan keadilan pelayanan, biaya pelayanan dan kenyamanan dan keamanan pelayanan Kata Kunci : Kepuasan, Koperasi Simpan Pinjam
Type: | Article |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Ekonomi |
Depositing User: | ARPIZAL |
Date Deposited: | 16 Apr 2021 03:16 |
Last Modified: | 16 Apr 2021 03:16 |
URI: | https://repository.unja.ac.id/id/eprint/19454 |
Actions (login required)
View Item |