Syuhada, Siti and Arpizal, Arpizal (2019) ANALISIS PENGARUH KOMPETENSI PEDAGOGIK TERHADAP HASIL BELAJAR MAHASISWA PADA MATA KULIAH PRAKTEK KEPENDIDIKAN (STUDI PADA MAHASISWA FKIP UNIVERSITAS JAMBI YANG MENGIKUTI PLP DI SEKOLAH DALAM KOTA JAMBI). Journal of Economic Education (JEeC), 1 (1).
![]() |
Text
20191101232148-2470-artikel-1917.pdf Download (561kB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis Pengaruh Kompetensi Pedagogik Terhadap Hasil Belajar Mahasiswa Pada Mata Kuliah Praktek Kependidikan atau Mahasiswa FKIP Pendidikan Ekonomi Universitas Jambi Yang Mengikuti PLP di SMA yang ada di kota Jambi. Penelitian dilakukan pada 45 mahasiswa prodi Pendidikan Ekonomi FKIP UNJA yang mengikuti PLP di SMA yang ada di Jambi. Data dikumpulkan dengan menggunakan angket dan observasi terhadap mahasiswa yang melaksanakan kegiatan PLP. Data yang dikumpulkan dianalisis secara kwantitatif dengan menggunakan analisis regresi linear sederhana. Hasil koefisien determinasi diperoleh sebesar 0,027 atau 2,70%. Hasil ini menunjukkan bahwa kompetensi pedagogik secara bersama-sama mempengaruhi hasil belajar mahasiswa sebesar 2,70 % dan sisanya 97,30% dipengaruhi oleh faktor lain yang tidak masuk dalam penelitian ini. Kemudian persamaam regresi linear sederhana diperoleh Y= 91,84 + 115x. Koefesien regresi variabel kompetensi pedagogik (Variabel Independent X) menunjukkan angka sebesar 115. Jika variable kompetensi pedagogik (X) mengalami penurunan sebesar 1, maka hasil belajar mahasiswa yang mendapatkan nilai PLP (Y) akan mengalami kenaikan sebesar 115. Dengan asumsi variabel lainnya dianggap konstan. Kemudian coefisient nilai uji t diperoleh sebesar 1,094 dengan nilai signifikansi sebesar 0,280 yang bermakna bahwa hasil tidak berpengaruh signifikan karena 0,280 > 0,05 (α= 5%) dan secara otomatis Ha ditolak dan Ho diterima, sehingga dapat disimpulkan bahwa tidak terdapat pengaruh secara signifikan antara kompetensi pedagogik terhadap nilai PLP yang diperoleh mahasiswa ketika melaksanakan PLP. Hal ini menandakan bahwa walaupun mahasiswa memperoleh nilai yang sangat baik ketika di lapangan dari hasil PLP, tetapi kontrbusi mahasiswa dalam mengaplikasikan kompetensi pedagogik masih rendah, karena tidak semua komponen pedagogik diaplikasikan mahasiswa dalam waktu yang singkat yaitu dalam waktu 2 bulan. Kemudian mahasiswa juga banyak tidak focus akan kegiatannya karena waktu pelaksanaan PLP disebabkan masih ada mahasiswa mengambil mata kuliah yang lain sehingga hanya beberapa komponen yang terpenuhi. Mahasiswa membuat RPP bila ketika ada latihan mengajar saja karena disuruh bukan faktor kesadaran. Nilai yang diperoleh mahasiswa dengan nilai dikategorikan baik yaitu untuk mencapai selesainya kegiatan PLP tersebut sehingga nilai yang diberikan akhirnya bersifat manusiawi, dan setelah lulus dari kesarjanaannya para alumni khususnya pendidikan ekonomi wajib mengikuti kegiatan Pendidikan Profesi Guru agar memperoleh AKTA IV sebagai syarat menjadi guru yang kompeten dan profesional sehingga dapat mengikuti program atau seleksi sertifikasi guru. Dengan kata lain ketika sudah lulus atau telah menempuh satu tahun dalam mengikuti studi pada Program Pendidikan Profesi Guru maka akan terpenuhi syarat untuk memperoleh sertifikasi guru. Kata Kunci: Kompetensi Pedagogik, Mahasiswa PLP.
Type: | Article |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Ekonomi |
Depositing User: | Arpizal |
Date Deposited: | 16 Apr 2021 03:16 |
Last Modified: | 16 Apr 2021 03:16 |
URI: | https://repository.unja.ac.id/id/eprint/19457 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |