ANALISIS PENGARUH MASA KERJA DAN STATUS JABATAN TERHADAP KOMPETENSI PROFESIONAL GURU EKONOMI DI SMA NEGERI SE-KOTA JAMBI

Syuhada, Siti and Arpizal, Arpizal (2018) ANALISIS PENGARUH MASA KERJA DAN STATUS JABATAN TERHADAP KOMPETENSI PROFESIONAL GURU EKONOMI DI SMA NEGERI SE-KOTA JAMBI. JUSS(Jurnal Sains dan Sistem Informasi), 1 (1). ISSN 2614 - 8277

[img] Text
20201204234405-6766-artikel-1917.pdf

Download (693kB)
Official URL: https://online-journal.unja.ac.id/index.php/JUSS/a...

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh masa kerja dan status jabatan terhadap kompetensi profesional guru ekonomi di SMA Negeri Se-kota Jambi. Kemudian menganalisis pengaruh setiap variabel penelitian yaitu masa kerja terhadap kompetensi professional guru serta mencari pengaruh status jabatan guru terhadap kompetensi profesional guru ekonomi di SMA Negeri Se-Kota Jambi. Penelitian ini merupakan penelitian expost facto,dengan pendekatan kuantitatif. Subjek penelitian sebanyak 48 guru mata pelajaran ekonomi di SMA Negeri Se-kota Jambi. Teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan analisis regresi liniear berganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa secara parsial (1) terdapat pengaruh positif dan siginifikan masa kerja guru terhadap kompetensi profesional guru ekonomi di SMA Negeri Se-Kota Jambi dengan nilai signifikansi 0,01 < 0,05; (2) terdapat pengaruh positif dan siginifikan status jabatan terhadap kompetensi profesional guru ekonomi di SMA Negeri Se-Kota Jambi dengan nilai signifikansi 0,04 < 0,05. Kemudian secara bersama-sama bahwa terdapat pengaruh positif dan signifikan antara masa kerja guru dan status jabatan terhadap kompetensi profesional guru ekonomi di SMA Negeri Se-Kota Jambi dengan nilai signifikansi 0,00 < 0,05. Kemudian hasil koefisien determinasi diperoleh sebesar 33,50% dan sisanya 66,50% dipengaruhi oleh faktor lain yang tidak termasuk dalam penelitian ini. Diharapkan kepada semua guru untuk lebih meningkatkan kompetensi terutama kompetensi profesional melalui peningkatan pendidikan dengan mengambil jenjang pendidikan yang lebih tinggi misalnya dari S1 ke S2 sesuai dengan bidang pendidikan terutama keguruan. Status jabatan guru berpengaruh negatif dan signifikan artinya kompetensi profesional sangat dipengaruhi oleh status jika status guru PNS maka dia akan meningkatkan kompetensi profesionalnya, dan sebaliknya jika status guru non PNS, maka seorang guru tidak mau memikirkan untuk meningkatkan kompetensi profesional, karena profesionalitas seorang guru juga ditunjang dengan kesejahteraan atau gajinyang diperoleh. Namun berbeda untuk guru non PNS yang memiliki gaji yang lebih rendah dibandingkan guru PNS, jadi tidak begitu loyalitas untuk memikirkan dalam meningktkan kompetensi terutama profesional. Di lapangan banyak juga para guru non PNS yang memiliki pekerjaan yang lain seperti menjadi tukang ojek dan bekerja dengan profesi yang berbeda untuk memenuhi kebutuhan. Maka dari itu sangat diperlukan perhatian dan solusi dari pemerintah untuk membantu guru non PNS agar mereka memiliki kemauan dalam meningkatkan kompetensi terutama kompetensi profesional. Kata Kunci: Kompetensi Profesional Guru, Masa Kerja dan Status Jabatan.

Type: Article
Subjects: L Education > L Education (General)
Depositing User: ARPIZAL
Date Deposited: 16 Apr 2021 03:16
Last Modified: 16 Apr 2021 03:16
URI: https://repository.unja.ac.id/id/eprint/19460

Actions (login required)

View Item View Item