ANALISIS KESULITAN BELAJAR MATEMATIKA SISWA SEKOLAH DASAR DIMASA PANDEMI

WATI, NOPIA (2021) ANALISIS KESULITAN BELAJAR MATEMATIKA SISWA SEKOLAH DASAR DIMASA PANDEMI. S1 thesis, UNIVERSITAS JAMBI.

[img] Text
SKRIPSI NOPIA WATI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)
[img] Text
COVER.pdf

Download (63kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (122kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (113kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (93kB)
[img] Text
lembar pengesahan nopia.pdf

Download (47kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA-WPS Office.pdf

Download (206kB)

Abstract

Penelitian ini dilakukan di SDN 211/ix Mendalo Darat pada januari 2021. Jenis penelitian ini adalah kualitatif dengan jenis studi kasus. Pengumpulan data pada penelitian ini mengunakan observasi dan wawancara. Rumusan masalah dalam penelitian ini (1) Bagaimana kesulitan belajar matematika siswa sekolah dasar dimasa pandemi?. Apa saja factor penyebab kesulitan belajar metematika siswa sekolah dasar dimasa pandemic?. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kesulitan belajar matematika siswa sekolah dimasa pandemic dan faktor penyebab kesulitan belajar matematika siswa sekolah dimasa pandemi. Hasil penelitian menunjukan bahwa banyak siswa yang mengalami kesulitan belajar matematika dimasa pandemic, kesulitan yang dihadapi peserta didik yaitu; kesulitan dalam memahami konsep, rumus, kesulitan saat mengerjakan soal, kesulitan dalam memproses pembelajaran dari nilai siswa terdapat 55% nilai siswa dibawah rata-rata. Factor penyebab kesulitan belajar berasal dari dalam diri dan luar diri siswa; a) kurangnya motivasi untuk belajar; b) kurang semangat sehingga membuat siswa menjadi cepat jenuh dalam belajar; c) kurangnya pemahaman terhadap materi yang diberikan oleh guru dan tugas-tugas yang diberikan oleh guru; d) latar belakang kebiasaan yang salah juga membuat peserta didik mengalami kesulitan dalam belajar. Factor eksternal yaitu factor luar diri seperti lingkungan, guru dan keluarga. Berdasarkan wawancara yang dilakukan terhadap orang tua mengenai kesulitan belajar peserta didik, orang tua juga mengalami kesulitan karena tidak semua orang tua mengerti dan paham terhadap materi yang diberikan guru apa lagi mata pelajaran matematika yang dianggap sulit belum lagi memahami rumus dan contoh-contoh untuk di pelajari hal ini membuat siswa mengalami kesulitan dalam mengerjakan tugas yang diberikan oleh guru. Dari hasil penelitian ini disarankan agar guru dan orang tua lebih memperhatikan lagi kondisi sekarang dimasa pandemic agar peserta didik mampu dalam menguasai materi pelajaran, dan lebih kreatif dalam mengelola kelas sehingga tidak menimbulkan kelompok-kelompok dalam proses belajar.

Type: Thesis (S1)
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LA History of education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PGSD
Depositing User: WATI
Date Deposited: 21 Apr 2021 03:38
Last Modified: 21 Apr 2021 03:38
URI: https://repository.unja.ac.id/id/eprint/19470

Actions (login required)

View Item View Item