Keefektifan Pembelajaran Matematika Menggunakan Media Sosial WhatsApp

Hartika, Sri Heni and Kuntarto, Eko and Hayati, Suci (2021) Keefektifan Pembelajaran Matematika Menggunakan Media Sosial WhatsApp. S1 thesis, Universitas Jambi.

[img] Text
SKRIPSI SRI HENI HARTIIKA NIM A1D117177 .pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)
[img] Text
COVER.pdf

Download (106kB)
[img] Text
HALAMAN PERSETUJUAN.pdf

Download (203kB)
[img] Text
HALAMAN PENGESAHAN.pdf

Download (220kB)
[img] Text
DAFTAR ISI, DAFTAR TABEL, DAFTAR GAMBAR DAN DAFTAR LAMPIRAN.pdf

Download (60kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (117kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (42kB)
[img] Text
DAFTAR RUJUKAN.pdf

Download (107kB)

Abstract

Peneitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan keefektifan pembelajaran matematika menggunakan media sosial WhatsApp pada kelas V B SD Negeri 13/I Muara Bulian. Penelitian ini dilakukan di kelas V B SD Negeri 13/I Muara Bulian pada semester genap tahun ajaran 2020/2021. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif deskriptif dimana data diperoleh dari angket sebagai data utama dan dokumentasi hasil belajar siswa sebagai data pendukung. Setelah data didapat kemudian data dianalisis menggunakan deskriptif persentase yang kemudian dapat ditarik kesimpulannya. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran matematika menggunakan media sosial WhatsApp pada kelas V B SD Negeri 13/I Muara Bulian termasuk pada kategori efektif, hal ini dapat dilihat dari hasil analisis data menggunakan deskriptif persentase mengenai lima indikator pembelajaran efektif yaitu pengelolaan pelaksanaan pembelajaran, proses komunikatif, respon siswa, aktivitas belajar dan hasil belajar siswa. Adapun hasil dalam penelitian ini yaitu 1) pada indikator pengelolaan pelaksanaan pembelajaran diperoreh persentase sebesar 82,69% dengan kategori sangat efektif, 2) dalam proses komunikatif persentase yang diperoleh yaitu 77,88% dengan kategori efektif, 3) respon siswa dalam pembelajaran memperoleh persentase sebesar 77,56% dengan kategori efektif, 4) aktivitas belajar siswa memperoleh persentase sebesar 83,65% dengan kategori sangat efektif, 5) hasil belajar siswa memperoleh persentase sebesar 78,85% dengan kategori efektif dan persentase ketuntasan belajar siswa yaitu 75,27% yang termasuk pada kategori efektif dan 6) rata-rata persentase dari semua indikator diperoleh persentase 80,13% yang termasuk pada kategori efektif. Berdasarkan hasil peneitian dapat disimpulkan bahwa penggunaan media sosial WhatsApp efektif dalam pembelajaran matematika pada kelas V B SD Negeri 13/I Muara Bulian dengan persentase 80,13% yang berada pada kategori efektif.

Type: Thesis (S1)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PGSD
Depositing User: SRI HENI HARTIKA
Date Deposited: 26 Apr 2021 06:34
Last Modified: 26 Apr 2021 06:34
URI: https://repository.unja.ac.id/id/eprint/19553

Actions (login required)

View Item View Item