ANALISIS MANFAAT PENGGUNAAN APLIKASI ZOOM DALAM PEMBELAJARAN DARING BAGI GURU DAN SISWA DI SEKOLAH DASAR

Mulyani, Nurlaili and Kuntarto, Eko and Sofwan, Muhammad (2021) ANALISIS MANFAAT PENGGUNAAN APLIKASI ZOOM DALAM PEMBELAJARAN DARING BAGI GURU DAN SISWA DI SEKOLAH DASAR. S1 thesis, Universitas Jambi.

[img] Text
SKRIPSI_NURLAILI_MULYANI_A1D117003.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[img] Text
persetujuan dan pengesahan.pdf

Download (505kB)
[img] Text
cover.pdf

Download (185kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (300kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (190kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (424kB)

Abstract

Mulyani, Nurlaili. 2021. Analisis Manfaat Penggunaan Aplikasi Zoom Dalam Pembelajaran Daring Bagi Guru dan Siswa Di Sekolah Dasar. Pembimbing I Dr. Eko Kuntarto, M. Pd. M.Comp.Eng. Pembimbing II Muhammad Sofwan, S.Pd., M.Pd. Kata Kunci: Manfaat Zoom, Pembelajaran Daring, Sekolah Dasar. Pembelajaran daring yang belangsung di era pandemi seperti ini menuntut guru agar mampu memanfaatkan perkembangan teknologi informasi dan komunikasi untuk menciptakan pembelajaran yang baik. Salah satu perkembangan teknologi informasi dan komunikasi yang digunakan guru untuk menunjang pembelajaran daring adalah aplikasi zoom. Aplikasi zoom mampu untuk memberikan manfaat yang baik bagi guru dan siswa dalam proses pembelajaran daring. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan manfaat penggunaan aplikasi Zoom dalam pembelajaran daring bagi guru dan siswa kelas V C di Sekolah Dasar Islam Terpadu Ahmad Dahlan Kota Jambi. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuaitatif, dengan jenis fenomenologi. Subjek penelitian ini sebanyak 8 orang, terdiri dari 2 guru kelas V dan 6 siswa kelas V. Hasil penelitian ini yaitu aplikasi zoom yang digunakan guru dalam pembelajaran daring memiliki banyak manfaat bagi guru dan siswa. Bagi guru pembelajaran daring dengan menggunakan zoom dapat memudahkan mencapai tujuan pembelajaran, mempermudah berinteraksi bersama siswa, menciptakan pembelajaran daring yang aktif, memberikan variasi dalam pembelajaran, dan membuat pembelajaran tidak membosankan. Sedangkan manfaat penggunaan zoom untuk siswa diantaranya memudahkan memahami materi pembelajaran, semangat untuk belajar daring, serta menghilangkan rasa bosan dalam belajar daring. Dari hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa, penggunaan zoom dalam proses pembelejaran daring di masa pandemi memiliki banyak manfaat. Manfaat tersebut dapat dirasakan guru dan siswa dalam kegiatan pembelajaran. Sehingga mampu membuat pembelajaran daring menjadi lebih optimal.

Type: Thesis (S1)
Subjects: L Education > LA History of education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PGSD
Depositing User: Nurlaili Mulyani
Date Deposited: 26 Apr 2021 02:21
Last Modified: 26 Apr 2021 02:21
URI: https://repository.unja.ac.id/id/eprint/19559

Actions (login required)

View Item View Item