PROBLEMATIKA GURU DALAM MEMILIH APLIKASI PEMBELAJARAN SECARA DARING BAGI SISWA SEKOLAH DASAR

ERIKA PEBRIANI SIMARMATA, YOHANA and KUNTARTO, EKO and DESTRINELLI, DESTRINELLI (2021) PROBLEMATIKA GURU DALAM MEMILIH APLIKASI PEMBELAJARAN SECARA DARING BAGI SISWA SEKOLAH DASAR. S1 thesis, UNIVERSITAS JAMBI.

[img] Text
COVER.pdf

Download (462kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (161kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (87kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (270kB)
[img] Text
HALAMAN PENGESAHAN.pdf

Download (102kB)
[img] Text
SKRIPSI_A1D117246_Yohana Erika Pebriani Simarmata.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (221kB)

Abstract

ABSTRAK Simarmata, Yohana Erika Pebriani. 2021. Problematika Guru dalam Memilih Aplikasi Pembelajaran Secara Daring bagi Siswa Sekolah Dasar: Skripsi, Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, FKIP Universitas Jambi, Pembimbing (I) Dr. Drs. Eko Kuntaro, M.Pd, (II) Dr. Dra. Destrinelli, M.Pd. Kata kunci: Problematika, Aplikasi belajar. Problematika merupakan masalah yang membutuhkan penyelesaian, bentuknya dapat berupa kendala, hambatan, dan kesulitan yang menyebabkan terjadinya kesenjangan antara harapan dan keadaan nyata yang terjadi. Aplikasi pembelajaran merupakan suatu perangkat lunak berbasis sistem komputasi yang berisi rangkaian perintah dan dirancang untuk melaksanakan proses pembelajaran penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan problematika yang dialami oleh guru kelas VI B dan VI C Sekolah Dasar Negeri No.55/I Sridadi dalam memilih aplikasi pembelajaran secara daring bagi siswa. Penelitian dilakukan di Sekoah Dasar Negeri No.55/I Sridadi. Penelitian ini menggunakan desain penelitian deskriptif kualitatif. Data penelitian diperoleh dengan obsevasi dan wawancara guru kelas VI B dan VI C dan teknik analisis data dilakukan dengan menggunakan triangulasi teknik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa guru mengalami problematika dalam memilih aplikasi pembelajaran secara daring. Kesesuaian aplikasi dengan sasaran penggunaan: Guru pernah melakukan pembelajaran dengan aplikasi Zoom, WhatsApp dan Telegram, dan guru lebih memilih menggunakan aplikasi WhatsApp dibandingkan aplikasi lainnya. Alasan guru memilih aplikasi WhatsApp karena aplikasi ini lebih mudah digunakan oleh siswa dalam pembelajaran secara daring. Bentuk aplikasi pembelajaran secara daring: Aplikasi sinkronus yang digunakan oleh guru kelas VI B dan VI C dalam pembelajaran adalah WhatsApp dan Zoom, aplikasi asinkronus yang digunakan yaitu Telegram. Waktu yang dibutuhkan dalam menggunakan aplikasi: Melalui aplikasi Zoom waktu yang dibutuhkan oleh guru kelas VI B dan VI C untuk melaksanakan dan merancang pembelajaran tergolong lama. Hal itu karena pembelajaran melalui Zoom hampir sama dengan pembelajaran tatap muka hanya saja dilakukan melalui ruang virtual. Sedangkan melalui aplikasi WhatsApp dan Telegram waktu yang dibutuhkan untuk melaksanakan pembelajaran cukup singkat karena sebatas guru membagikan bahan ajar seperti video dan LKPD, siswa hanya menanggapi ketika guru mengajukan pertanyaan atau saat siswa kurang memahami tugas yang diberikan.

Type: Thesis (S1)
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LA History of education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PGSD
Depositing User: SIMARMATA
Date Deposited: 26 Apr 2021 02:16
Last Modified: 26 Apr 2021 02:16
URI: https://repository.unja.ac.id/id/eprint/19607

Actions (login required)

View Item View Item