Rizkia, Nadila (2021) METODE PEMBELAJARAN MUTHALA'AH DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN MAHARAH QIROAH SANTRI PPM AL-KINANAH JAMBI. S1 thesis, Pendidikan Bahasa Arab.
![]() |
Text
SKRIPSI NADILA RIZKIA, S.Pd.pdf Download (4MB) |
![]() |
Text
HALAMAN JUDUL SKRIPSI.pdf Download (253kB) |
![]() |
Text
HALAMAN PERSETUJUAN.pdf Download (369kB) |
![]() |
Text
HALAMAN PENGESAHAN.pdf Download (273kB) |
![]() |
Text
ABSTRAK.pdf Download (264kB) |
![]() |
Text
BAB I.pdf Download (488kB) |
![]() |
Text
BAB V.pdf Download (253kB) |
![]() |
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (567kB) |
Abstract
ABSTRAK Rizkia, Nadila. 2021. Metode Pembelajaran Muthala’ah Dalam Meningkatkan Kemampuan Maharah Qiraah Santri Pondok Pesantren Modern Al-Kinanah Jambi: Skrispi, Jurusan Pendidikan Bahasa Arab, FKIP Universitas Jambi, Pembimbing: (I) Abdul Muid, S.Pd.I., M.Pd., (II) Mar’atun Sholiha, S.Pd.I., M.Pd.I Kata Kunci: Muthala’ah, Maharah Qiraah Penelitian ini bertujuan untuk untuk mengetahui metode pembelajaran apa yang diterapkan oleh guru muthala’ah dalam meningkatkan kemampuan maharah qiraah santri di pondok pesantren modern Al-Kinanah Jambi. Penelitian ini dilakukan di PPM Al-Kinanah Jambi pada November 2020. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Data dalam penelitian ini adalah data kualitatif. Sumber data diperoleh dari pimpinan pondok pesantren modern Al-Kinanah Jambi, guru muthala’ah dan siswa. Instrument utama dalam penelitian ini adalah penulis sendiri. Pengumpulan data dilakukan menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan adalah analisis data kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1). Metode pembelajaran yang digunakan oleh guru muthala’ah dibagi menjadi tiga metode. Metode pertama yaitu metode hikayatul qhosiroh guru menjelaskan materi dengan bercerita, Metode kedua yaitu metode tajmi guru meminta siswa untuk menyusun kata acak menjadi sebuah kalimat sempurna. Metode ketiga yaitu metode muwa’imah/muwafiqah adalah melatih penglihatan dan melakukan latihan membaca cepat. Hasil dari penggunaan metode ini, para siswa sedikit banyak dapat memahami materi bahasa Arab. 2). Kendala guru dalam penggunaan metode ini yaitu: (a) latar belakang siswa yang berbeda-beda, (b) siswa kesulitan memaknai kosa kata baru, (c) siswa mengantuk dan tertidur, (d) kurangnya minat belajar siswa (e) siswa yang masih terbata-bata dalam membaca kalimat bahasa Arab, (f) guru sulit mendapatkan perhatian siswa, (g) guru sulit menyatukan pemahaman siswa, (h) metode guru yang kurang efektif dan (i) keaktifan guru dalam mengajar juga kurang. 3). Upaya guru dalam mengatasi kendala penggunaan metode ini adalah sebagai berikut: (a) menghidupkan suasana belajar yang asik dan kondusif, (b) memberikan inovasi pada metode pembelajaran, (c) melakukan latihan membaca kalimat bahasa Arab, (d) mencari persamaan kosa kata yang lebih mudah dipahami siswa (e) memberikan sanksi kepada siswa yang mengantuk dan tertidur (f) memberikan pelajaran tambahan diluar pembelajaran kelas dan (g) komunikasi yang baik.
Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Budaya > Bahasa Arab |
Depositing User: | Nadila Rizkia |
Date Deposited: | 26 Apr 2021 01:43 |
Last Modified: | 26 Apr 2021 02:18 |
URI: | https://repository.unja.ac.id/id/eprint/19622 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |