Apriyanti, - (2021) Analisis kompetensi profesional guru dalam pembelajaran daring di SMAN 12 kota jambi. S1 thesis, UNIVERSITAS JAMBI.
![]() |
Text
cover 1.pdf Download (32kB) |
![]() |
Image
img012.jpg Download (2MB) |
![]() |
Text
DAFTAR ISI, GAMBAR, BAGAN, LAMPIRAN.pdf Download (217kB) |
![]() |
Text
BAB 1 skripsi.pdf Download (417kB) |
![]() |
Text
BAB V SKRIPSI.pdf Download (15kB) |
Abstract
Guru adalah pendidik profesional dengan tugas utama mendidik, mengajar, membimbing, mengarahkan, melatih, menilai, dan mengevaluasi peserta didik pada pendidikan anak usia dini jalur pendidikan formal, pendidikan dasar, dan pendidikan menengah. Profesionalisme guru yang tinggi akan tercermin dari sikap mental dan komitmennya terhadap pelaksanaan dan peningkatan kualitas profesional melalui berbagai langkah dan strategi. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui gambaran proses pembelajaran Ekonomi di SMAN 12 kota jambi dan untuk mengetahui kompetensi profesional guru di SMA N 12 Kota Jambi. Metode dalam penelitian ini adalah metode penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Adapun lokasi uji coba penelitian dilakukan di SMAN 12 kota Jambi. Berdasarkan hasil penelitian proses pembelajaran ekonomi mengacu pada silabus dan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran namun dilakukan secara daring. Dalam pengalokasian waktu pembelajaran belum sesuai dengan Peraturan Kemendikbud karena pembelajaran hanya berlangsung selama 30 menit dalam satu mata pelajaran. Sumber pembelajaran yang digunakan berasal dari buku dan internet. Kegiatan pembelajaran dilakukan dengan berbagai tahapan kegiatan seperti pertama kegiatan inti, dan kegiatan penutup. Adapun kompetensi profesional guru dapat diketahui guru selalu membaca materi pembelajaran sebelum materi tersebut disampaikan kepada siswanya, guru memberikan materi pelajaran sehari sebelum pelajaran berlangsung, dan guru mempelajari kembali materi yang dibuatnya. Guru mengutamakan kerapian saat hadir di kelas online, guru mempersiapkan materi dengan tampilan yang menarik seperti tampilan PPT dan video pembelajaran, guru juga disiplin dan selalu tepat waktu dalam memberikan materi pembelajaran. Selain itu guru juga telah memanfaatkan teknologi untuk kegiatan pembelajaran seperti dengan menggunakan aplikasi WhatsApp, Google Form, dan Zoom. Dapat disimpulkan dari penelitian yang telah dilaksanakan, bahwa kompetensi profesional guru dalam pembelajaran daring di SMAN 12 kota jambi baik dan bagus didalam kegiatan pembelajaran dimana guru tersebut telah memenuhi beberapa indikator atau tolak ukur kompetensi professional guru. Saran guru Diharapkan lebih maksimal dalam meningkatkan profesionalisme guru yang mana guru harus menguasai materi pembelajaran, menguasai kompetensi pembelajaran, mengembangkan materi secara kreatif.
Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LA History of education |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Ekonomi |
Depositing User: | Apriyanti |
Date Deposited: | 26 Apr 2021 06:36 |
Last Modified: | 27 Apr 2021 03:04 |
URI: | https://repository.unja.ac.id/id/eprint/19669 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |