Setiani, Agustin (2021) PENGEMBANGAN LKPD TERINTEGRASI STEM PADA MATERI SUHU DAN KALOR UNTUK PESERTA DIDIK KELAS XI DI SMA NEGERI 10 KOTA JAMBI. S1 thesis, Universitas Jambi.
![]() |
Text
SKRIPSI FULL.pdf Restricted to Repository staff only Download (8MB) |
![]() |
Text
COVER.pdf Download (101kB) |
![]() |
Text
HALAMAN PERSETUJUAN, HALAMAN PENGESAHAN.pdf Download (360kB) |
![]() |
Text
ABSTRAK.pdf Download (145kB) |
![]() |
Text
BAB I.pdf Download (300kB) |
![]() |
Text
BAB V.pdf Download (152kB) |
![]() |
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (408kB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan LKPD terintegrasi STEM pada materi suhu dan kalor dan mengetahui bagaimana respon peserta didik kelas XI MIPA 4 terhadap media pembelajaran yang dikembangkan. Penelitian ini dilakukan di SMA Negeri 10 Kota Jambi pada Februari 2021. Data penelitian diperoleh dengan cara menyebarkan angket respon peserta didik dan wawancara dengan guru bidang studi fisika. Setelah angket dikembalikan, data dianalisis secara kuantitatif dengan rumus persentase. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) memudahkan peserta didik dalam menemukan konsep dari pembelajaran fisika serta ditanamkan pendekatan STEM yang sesuai dengan tuntutan kurikulum 2013 revisi 2018. Selanjutnya kualitas belajar dapat lebih ditingkatkan. Sehingga LKPD ini dapat dimanfaatkan sebagai prosedur bahan praktikum dikelas maupun di laboratorium. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan (Research and Development), menggunakan kerangka 4D yang disederhanakan menjadi 3D, terdiri dari 3 tahap, yaitu define, design, dan develop. Instrumen penelitian yang digunakan adalah lembar observasi, wawancara dan angket. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penilaian kelayakan oleh pakar materi, penilaian kelayakan oleh pakar media, dan penilaian kelayakan oleh pakar praktisi atau guru bidang studi fisika. Tingkat kelayakan penilaian oleh guru bidang studi mencapai 3,47 (kategori sangat baik). Serta tanggapan penilaian respon peserta didik terhadap LKPD terintegrasi STEM menggunakan angket mencapai 3,36 (kategori sangat baik). Rata-rata skor tiap butir tanggapan peserta didik dan guru mencapai kriteria sangat mendukung. Berdasarkan dari hasil peneltian dapat disimpulkan bahwa LKPD terintegrasi STEM pada materi suhu dan kalor yang telah dikembangkan dapat digunakan sebagai sumber belajar.
Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Fisika |
Depositing User: | AGUSTIN SETIANI |
Date Deposited: | 29 Apr 2021 02:36 |
Last Modified: | 29 Apr 2021 02:36 |
URI: | https://repository.unja.ac.id/id/eprint/19709 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |