KARAKTERISASI DAN UJI POTENSI JAMUR GRIGIT (Schizophyllum commune Fr.) SECARA IN VITRO SEBAGAI PENGAYAAN BAHAN AJAR PRAKTIKUM MIKOLOGI

Masitoh, Siti (2021) KARAKTERISASI DAN UJI POTENSI JAMUR GRIGIT (Schizophyllum commune Fr.) SECARA IN VITRO SEBAGAI PENGAYAAN BAHAN AJAR PRAKTIKUM MIKOLOGI. S1 thesis, Universitas Jambi.

[img] Text
ARTIKEL ILMIAH.pdf

Download (560kB)
[img] Text
COVER.pdf

Download (192kB)
[img] Text
ABSTRAK .pdf

Download (307kB)
[img] Text
HALAMAN PENGESAHAN.pdf

Download (863kB)
[img] Text
Daftar Isi Gambar, Table, Lampiran.pdf

Download (180kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (224kB)
[img] Text
BAB V .pdf

Download (168kB)

Abstract

ABSTRAK Masitoh, Siti. 2020. Karakterisasi dan Uji Potensi Jamur Grigit (Schizophyllum commune Fr.) Secara in Vitro sebagai Pengayaan Bahan Ajar Praktikum Mikologi: Skripsi, Jurusan Pendidikan Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, FKIP Universitas Jambi, Pembimbing: (I) Dra. Harlis, M.Si., (II) Dr. Dra. Upik Yelianti, M.S. Kata kunci : Zona bening, Zona coklat, S. commune Fr., Uji selulolitik, Uji Lignoselulolitik Penelitian ini bertujuan mengetahui karakteristik miselium jamur grigit (Schizophyllum commune Fr) dan potensinya dalam mendegradasi selulosa dan lignoselulosa. Penelitian dilakukan di Laboratorium Dasar dan Terpadu Universitas Jambi pada bulan Agustus 2020 - Oktober 2020. Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif eksploratif dengan menggunakan pendekatan kualitatif. Hasil penelitian dalam mengkarakterisasi miselium jamur grigit (S. commune Fr.) secara makroskopis yang ditumbuhkan pada media PDA memiliki warna koloni putih, bentuk koloni circular, permukaannya halus seperti kapas, margin tipe filamentous, elevasinya raised, dan memiliki koloni miselium tebal. Sedangkan karakteristik miselium secara mikroskopis memiliki hifa yang bersepta. Kemudian hasil uji selulolitik dengan menggunakan media CMC didapatkan bahwa isolat jamur grigit berpotensi dalam mendegradasi selulosa yang ditandai dengan terbentuknya zona bening di sekitar koloni jamur dengan nilai rata-rata indeks selulolitiknya tinggi yaitu sebesar 1,89 mm > 1,76 mm. Sedangkan uji lignoselulotik dengan menggunakan media asam tanat 0,5% didapatkan bahwa isolat jamur grigit berpotensi dalam mendegradasi lignoselulosa yang ditandai dengan terbentuknya zona cokelat di sekitar koloni jamur dengan nilai rata-rata indeks lignoselulotik yaitu sebesar 1,63 mm (kategori sedang). Hasil penelitian ini akan dimanfaatkan sebagai pengayaan bahan ajar praktikum mikologi.

Type: Thesis (S1)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Biologi
Depositing User: SITI MASITOH
Date Deposited: 30 Apr 2021 07:11
Last Modified: 30 Apr 2021 07:11
URI: https://repository.unja.ac.id/id/eprint/19726

Actions (login required)

View Item View Item