ANALISIS PEMASARAN BAWANG MERAH (Allium cepa L.) LOKAL DI KECAMATAN KAYU ARO KABUPATEN KERINCI

az, achirudin and Kernalis, Emy and Nurchaini, Dewi Sri (2021) ANALISIS PEMASARAN BAWANG MERAH (Allium cepa L.) LOKAL DI KECAMATAN KAYU ARO KABUPATEN KERINCI. Agriculture. ISSN 05 (2021) 0607-1421

This is the latest version of this item.

[img] Text
JURNAL_ACHIRUDIN_D1B015046.pdf

Download (692kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk : (1) Mengetahui saluran pemasaran bawang merah lokal di Kecamatan Kayu Aro Kabupaten Kerinci sampai ke Pasar Tanjung Bajure Kota Sungai Penuh, (2) Menganalisis nilai margin pemasaran dan farmer’s share pada masing-masing saluran pemasaran bawang merah lokal di Kecamatan Kayu Aro Kabupaten Kerinci sampai ke Pasar Tanjung Bajure Kota Sungai Penuh, dan (3) Menganalisis efisiensi pemasaran bawang merah lokal di Kecamatan Kayu Aro Kabupaten Kerinci sampai ke Pasar Tanjung Bajure Kota Sungai Penuh. Penelitian ini dilaksanakan di Kecamatan Kayu Aro Kabupaten Kerinci pada bulan Januari sampai bulan Februari 2020. Data dianalisis secara Deskriptif dan Kuantitatif. Berdasarkan hasil penelitian, dengan tujuan pertama menunjukkan bahwa pemasaran bawang merah lokal di Kecamatan Kayu Aro Kabupaten Kerinci sampai ke Pasar Tanjung Bajure Kota Sungai Penuh terdiri dari tiga saluran pemasaran, yaitu : (1) petani – pedagang pengumpul desa – pedagang pengecer – konsumen akhir, (2) petani – pedagang pengumpul kecamatan – pedagang pengecer – konsumen akhir, (3) petani – pedagang pengumpul desa – pedagang pengumpul kecamatan – pedagang pengecer – konsumen akhir. Hasil analisis tujuan kedua bahwa nilai margin dan farmer’s share lembaga pemasaran bawang merah mengambil keuntungan lebih besar dari pada biaa pemasaran yang dikeluarkan. Hasil analisis efisiensi pemasaran bawang merah lokal bahwa saluran pemasaran II ( petani – pedagang pengumpul kecamatan – pedagang pengecer – konsumen akhir) pemasaran yang efisien dilihat dari IET dan saluran pemasaran III ( petani – pedagang pengumpul desa – pedagang pengumpul kecamatan – pedagang pengecer – konsumen akhir) pemasaran yang efisien dilihat dari IEE. Kata Kunci: Pemasaran Bawang Merah Lokal, Margin, Farmer’s Share, Efisiensi Pemasaran

Type: Article
Subjects: S Agriculture > S Agriculture (General)
Divisions: Fakultas Pertanian > Agribisnis
Depositing User: ACHIRUDIN
Date Deposited: 30 Apr 2021 05:15
Last Modified: 30 Apr 2021 05:15
URI: https://repository.unja.ac.id/id/eprint/19727

Available Versions of this Item

Actions (login required)

View Item View Item