Luthfi, Muhammad (2021) Analisis Penggunaan Media Audiovisual dalam Pembelajaran Jarak Jauh di Sekolah Dasar. S1 thesis, Universitas Jambi.
![]() |
Text
IMG_20210521_095347-dikonversi.pdf Download (70kB) |
![]() |
Text
HALAMAN PENGESAHAN lupii-dikonversi.pdf Download (84kB) |
![]() |
Text
IMG_20210521_095420-dikonversi.pdf Download (126kB) |
![]() |
Text
bab10200015076.pdf Download (268kB) |
![]() |
Text
bab50200015076.pdf Download (153kB) |
Abstract
Abstrak Luthfi,Muhammad. 2021. Analisis Penggunaan Media Audiovisual dalam Pembelajaran Jarak Jauh di Sekolah Dasar, FKIP Universitas Jambi, Pembimbing: (1) Drs.Syahrial, M.Ed.,Ph.D., (II) Hendra Budiono, S.Pd., M.Pd. Kata Kunci : Analisis Penggunaan Media Audiovisual, Pembelajaran Jarak Jauh. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis penggunaan media audiovisual dalam pembelajaran jarak jauh di SD IT Asy-Syifa Kota Jambi. Data penelitian ini menggunakan teknik reduksi, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Jenis penelitian ini adalah fenomenologi yaitu mendeskripsikan tentang penngunaan media audiovisual dalam pembelajaran jarak jauh di sekolah dasar. Adapun teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi. Data pada penelitian ini adalah deskripsi penggunaan media audiovisual dalam pembelajaran jarak jauh di sekolah dasar. Penelitian ini dilaksakan pada bulan Januari sampai Februari 2021 di SD IT Asy-Syifa Kota Jambi. Data penelitian ini diperoleh dengan cara melakukan observasi, wawancara dan dokumentasi mengenai penggunaan media audiovisual dalam pembelajaran jarak jauh. Adapun subjek penelitian ini adalah Guru kelas rendah dan Guru kelas tinggi yaitu wali kelas II dan wali kelas IV. Hasil penelitian menunjukkan bahwa guru kelas II dan guru kelas IV SD IT Asy-Syifa Kota Jambi menggunakan media audiovisual dalam menyampaikan materi pelajaran kepada siswa. Perencanaannya terdiri dari guru merancang media audiovisual berupa video pembelajaran, serta menjadikan internet/google sebagai referensi dalam merancang dan mendapatkan video pembelajaran. Pelaksanaanya yaitu guru menggunakan aplikasi; Whatsapp, Zoom, dan Powerpoint dalam menyampaikan materi pelajaran yang menggunakan video kepada siswa. Evaluasi dilakukan dengan meminta saran kepada sesama guru yang lain tentang penggunaan media audiovisual dalam setiap kegiatan pembelajaran jarak jauh dan memberikan siswa soal-soal yang menguji tingkat pemahaman siswa terhadap materi yang disampaikan menggunakan media audiovisual. Berdasarkan hasil penelitian dapat diambil kesimpulan bahwa dalam menggunakan media audiovisual guru-guru sangat terbantu dalam menyampaikan materi pelajaran kepada siswa. Dengan menggunakan media audiovisual siswa lebih bersemangat, aktif dan lebih cepat dalam memahami setiap materi pelajaran yang disampaikan serta dengan menggunakan media audiovisual juga meningkatkan minat belajar siswa selama pembelajaran jarak jauh.
Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LA History of education |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PGSD |
Depositing User: | MUHAMMAD LUTHFI |
Date Deposited: | 21 May 2021 06:57 |
Last Modified: | 21 May 2021 06:57 |
URI: | https://repository.unja.ac.id/id/eprint/19883 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |