PEMANFAATAN WHATSAPP PADA PEMBELAJARAN JARAK JAUH (PJJ) DALAM UPAYA LITERASI DIGITAL SISWA SMP NEGERI 22 KOTA JAMBI

Fahrul Rozikin, Dimas (2021) PEMANFAATAN WHATSAPP PADA PEMBELAJARAN JARAK JAUH (PJJ) DALAM UPAYA LITERASI DIGITAL SISWA SMP NEGERI 22 KOTA JAMBI. S1 thesis, Universitas Jambi.

[img] Text
SKRIPSI DIMAS 2021 PENGGUNAAN WHATSAPP PADA PEMBELAJARAN JARAK JAUH.docx
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)
[img] Text
COVER SKRIPSI DIMAS NEW.pdf

Download (53kB)
[img] Text
halaman pengesahan.pdf

Download (360kB)
[img] Text
BAB 1 PENDAHULUAN SKRIPSI DIMAS NEW.pdf

Download (138kB)
[img] Text
BAB V new skripsi dimas.pdf

Download (73kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA SKRIPSI DIMAS NEW.pdf

Download (121kB)

Abstract

ABSTRAK Rozikin, Dimas Fahrul, 2021. Pemanfaatan WhatsApp Pada Pembelajaran Jarak Jauh dalam Upaya literasi Digital Siswa SMP Negeri 22 Kota Jambi pada masa pandemi Covid-19: Skripsi, Jurusan Ilmu Pendidikan FKIP Universitas Jambi, Pembimbing: (I) Dr. Ir. Denny Denmar, M.P., (II) Dr. Sofyan, M.Pd., Kata Kunci : WhatsApp, Pembelajaran Jarak Jauh, Literasi Digital Siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan bagaimana pemanfaatan WhatsApp pada pembelajaran jarak jauh dalam upaya literasi digital siswa SMP Negeri 22 Kota Jambi pada masa pandemi Covid-19. Metode penelitian ini adalah penelitian deskriptif dengan melalui pendekatan kualitatif dan penelitian ini termasuk jenis penelitian fenomenologi. Partisipan pada penelitian ini yaitu Siswa, Guru dan Kepala Sekolah. Teknik yang digunakan pada saat mengumpulkan data yakni memanfaatkan observasi, wawancara dan studi dokumentasi. Teknik dalam menganalisis penyajian data dimulai dari pengumpulan seluruh data hasil observasi, wawancara dan studi dokumen. Teknik dalam menganalisis sebuah data yaitu dengan teknik Creswell. Sedangkan dalam melakukan uji keabsahan data yaitu dengan menerapkan Triangulasi data. Hasil penelitian menunjukan bahwa siswa, guru dan kepala sekolah aktif memanfaatkan WhatsApp dalam mendukung komunikasi informasi pembelajaran jarak jauh pada masa meluasnya penyebaran Covid-19. Bahkan WhatsApp sangat mudah untuk digunakan dalam mendukung aktivitas pembelajaran jarak jauh. Dan dalam pembelajaran jarak jauh WhatsApp dimanfaatkan oleh siswa, guru dan kepala sekolah sebagai media pendukung PJJ dikarenakan kemudahan, kemanfaatan, popularitas, dan kegunaannya yang sangat besar dalam mendukung kelancaran pembelajaran jarak jauh. Kemudian, ditemukan siswa aktif menggunakan teknologi dalam menyelesaikan tugas dan mencari ilmu pengetahuan secara daring, komunikasi guru dan siswa menjadi lebih intens dan terbuka. Selanjutnya, kesadaran sosial siswa dalam belajar secara jarak jauh masih rendah dikarenakan kesadaran diri siswa yang rendah akibat dari keterbatasan media belajar, kuota internet, Handphone dan sebagainya. Berdasarkan hasil yang ditemukan dalam penelitian ini peneliti memiliki saran agar kepala sekolah dan guru berupaya keras untuk membangkitkan serta meningkatkan kesadaran sosial siswa untuk aktif belajar secara jarak jauh dengan memanfaatkan WhatsApp beserta fitur pendukung WhatsApp.

Type: Thesis (S1)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Administrasi Pendidikan
Depositing User: ROZIKIN
Date Deposited: 25 May 2021 06:42
Last Modified: 25 May 2021 06:42
URI: https://repository.unja.ac.id/id/eprint/19893

Actions (login required)

View Item View Item