Maryamah, Maryamah (2021) Integrasi Etnomatematika dalam TPACK Framework untuk Meningkatkan Hasil Belajar Kognitif Siswa SMP Materi Pola Bilangan. S1 thesis, UNIVERSITAS JAMBI.
![]() |
Text
Cover.pdf Download (111kB) |
![]() |
Text
Daftar Isi.pdf Download (184kB) |
![]() |
Text
Lembar pengesahan.pdf Download (200kB) |
![]() |
Text
Bab I.pdf Download (288kB) |
![]() |
Text
Bab V.pdf Download (84kB) |
Abstract
ABSTRAK Maryamah. 2021. Integrasi Etnomatematika dalam TPACK Framework untuk Meningkatkan Hasil Belajar Kognitif Siswa SMP Materi Pola Bilangan, Jurusan Pendidikan Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, FKIP Universitas Jambi, Pembimbing: (I) Dr. Drs. Kamid, M.Si., (II) Yelli Ramalisa, S.Pd., M.Sc., Kata Kunci : Etnomatematika, TPACK Framework, discovery learning dan hasil belajar kognitif Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh integrasi etnomatematika dalam TPACK Framework dalam meningkatkan hasil belajar kognitif siswa. Rancangan penelitian yang digunakan adalah pre-test post-test control group design. Teknik pengambilan sampel yaitu teknik cluster random sampling. Penelitian ini dilaksanakan dikelas VIII SMP Negeri 12 Kota Jambi. Dimana kelas VIII 7 sebagai kelas eksperimen, dan kelas VIII 2 sebagai kelas kontrol. Instrumen yang digunakan adalah soal pre-test dan post- test materi pola bilangan, RPP, LKPD, dan lembar observasi. Uji hipotesis yang digunakan untuk mengetahui apakah terdapat pengaruh perlakuan menggunakan uji-t (paired sample T-Test). Setelah itu, dilakukan uji N-Gain untuk membandingkan peningkatan rerata hasil belajar siswa kelas kontrol dan kelas eksperimen. Berdasarkan hasil penelitian, terlihat untuk uji-T yang dilakukan dengan tingkat kepercayaan 95% didapatkan nilai sig. (2-tailed) adalah 0,000 < 0,05. Hal ini berarti terdapat pengaruh yang signifikan terhadap rata-rata tes hasil belajar antara kelas eksperimen yang menerapkan pembelajaran dengan integrasi etnomatematika dalam TPACK framework dengan model discovery learning dan kelas kontrol yang menerapkan pembelajaran dengan model discovery learning. Setelah dibandingkan dengan uji N-Gain diketahui bahwa perubahan kenaikan rerata hasil belajar pada penerapan pembelajaran dengan integrasi etnomatematika dalam TPACK framework dengan model discovery learning lebih baik dibandingkan dengan kelas kontrol.
Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | MARYAMAH |
Date Deposited: | 24 May 2021 07:29 |
Last Modified: | 24 May 2021 07:29 |
URI: | https://repository.unja.ac.id/id/eprint/19913 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |