Fadilah, Irma and Jufrida, Jufrida and Kurniawan, Wawan (2021) PENGEMBANGAN BUKU PENGAYAAN FISIKA SMA BERBASIS ETHNOPHYSICS PADA PROSES PEMBUATAN BATU BATA DI KABUPATEN MUARO JAMBI. S1 thesis, Universitas Jambi.
![]() |
Text
COVER.pdf Download (98kB) |
![]() |
Text
Lembar Pengesahan.pdf Download (1MB) |
![]() |
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (90kB) |
![]() |
Text
Bab I.pdf Download (200kB) |
![]() |
Text
Bab V.pdf Download (93kB) |
Abstract
Kata Kunci: Buku Pengayaan, Proses Pembuatan Batu Bata, Ethnophysics. Proses pembuatan batu bata adalah salah satu budaya yang ada sejak nenek moyang terdahulu. Hal ini ditandai dengan adanya warisan budaya dunia yang ada di Kabupaten Muaro Jambi berupa bangunan candi Muaro Jambi dan candi Pematang Jering yang terbuat dari susunan batu bata sekitar abad 12 Masehi. Proses pembuatan batu bata dapat diintegrasikan ke dalam pelajaran fisika. Akan tetapi, berdasarkan studi pendahuluan yang telah dilakukan melalui wawancara guru dan penyebaran soal tes diagnostik ke siswa di SMAN 8 Muaro Jambi dan SMAN 7 Kota Jambi, diperolah bahwa 100% sekolah belum memiliki buku yang terintegrasi dengan kearifan lokal dan 78,69% siswa masih sulit untuk menghubungkan konsep fisika dengan lingkungan sekitar khususnya pada aspek kearifan lokal pembuatan batu bata di Kabupaten Muaro Jambi artinya kemampuan menerapkan (C3) dan kemampuan menganalisis (C4) siswa masih tergolong rendah. Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk menghasilkan sebuah buku penunjang yang dapat membantu siswa dalam meningkatkan kemampuan kognitif yakni berupa buku pengayaan fisika SMA berbasis ethnophysics pada proses pembuatan batu bata di Kabupaten Muaro Jambi. Penelitian pengembangan ini menggunakan model pengembangan ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation and Evaluation) dan penelitian dilakukan sampai batas pengembangan (Development). Buku pengayaan yang telah dikembangkan, selanjutnya divalidasi oleh tiga orang validator dengan masing-masing validator dilakukan dua kali pengulangan validasi. Rata-rata skor penilaian yang diperoleh pada tahap pertama sebesar 76% dengan kategori baik dan pada tahap kedua sebesar 97% dengan kategori sangat baik. Hasil persepsi siswa diperoleh persentase rata-rata sebesar 83% yang termasuk ke dalam kategori sangat baik. Hal ini menunjukkan bahwa buku pengayaan yang dikembangkan sudah layak.
Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Fisika |
Depositing User: | FADILAH |
Date Deposited: | 25 May 2021 07:33 |
Last Modified: | 25 May 2021 07:33 |
URI: | https://repository.unja.ac.id/id/eprint/19927 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |