Sari, Rizki Intan (2021) PENGEMBANGAN E-MODUL MATERI SUHU DAN KALOR SMA KELAS XI BERBASIS ETHNOPHYSICS. S1 thesis, Universitas Jambi.
![]() |
Text
COVER.pdf Download (200kB) |
![]() |
Text
Lembar pengesahan.pdf Download (614kB) |
![]() |
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (386kB) |
![]() |
Text
BAB I PENDAHULUAN.pdf Download (320kB) |
![]() |
Text
BAB V SIMPULAN, IMPILKASI DAN SARAN.pdf Download (293kB) |
Abstract
Sari, Rizki Intan. 2021. Pengembangan E-Modul Materi Suhu dan Kalor SMA Kelas XI Berbasis Ethnophysics: Skripsi, Jurusan Pendidikan Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, FKIP Universitas Jambi, Pembimbing: (I) Dra. Jufrida, M. Si., (II) Wawan Kurniawan, S.Si., M. Cs. Kata kunci: E-modul, suhu & kalor, ethnophysics Pada pembelajaran fisika dibutuhkan pemahaman konsep yang matang agar siswa dapat memecahkan permasalahan terkait fenomena fisika yang ada di lingkungan sekitar dengan baik. Berdasarkan hasil wawancara dengan guru fisika di SMA Negeri 7 Kota Jambi dan SMA Negeri 8 Muaro Jambi, didapatkan data bahwa pada saat ini hanya 35% siswa yang mampu berpikir pada tingkat pemahaman C3 (menerapkan). Hal ini dibuktikan dari hasil tes diagnostik kemampuan siswa mendapatkan data sebanyak 11,3% siswa yang mampu berpikir pada tingkat pemahaman C3. Sedangkan, sebanyak 88,7% siswa mengalami kesulitan dalam menerapkan konsep suhu dan kalor dalam kehidupan sehari-hari yang dikaitkan dengan kearifan lokal setempat. Selain itu, sebanyak 71,1% siswa pada saat pembelajaran siswa lebih tertarik jika menggunakan media pembelajaran yang di dalamnya tidak hanya terdapat materi dan gambar tetapi juga terdapat video pembelajaran. Sedangkan berdasarkan hasil wawancara dengan guru, bahwa guru belum pernah menggunakan media pembelajaran yang di dalamnya dapat menggabungkan materi, gambar, dan video pembelajaran berupa e-modul. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana produk e-modul materi suhu dan kalor SMA kelas XI berbasis ethnophysics dan untuk mengetahui bagaimana persepsi siswa terhadap e-modul materi suhu dan kalor SMA kelas XI berbasis ethnophysics. Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian Research and Development) dengan model pengembangan 4D (Define, Design, Develop, and Desiminate). Penelitian ini dilakukan sampai pada tahap pengembangan (develop). Subjek penelitian ini adalah siswa kelas XI MIA 1 yang berjumlah 28 siswa. Jenis data yang diperoleh ada 2 macam yaitu data kualitatif dan data kuantitatif. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini berupa angket kebutuhan, lembar observasi, lembar wawancara, lembar validasi ahli materi dan media serta angket persepsi siswa melalui google form. Data kualitatif dianalisis secara deskriptif dan data kuantitatif dianalisis menggunakan statistik deskriptif. Penelitian ini menghasilkan e-modul materi suhu dan kalor berbasis ethnophysics. Kearifan lokal Jambi dijadikan sebagai konteks untuk menggali konsep suhu dan kalor. Hasil validasi ahli materi diperoleh persentase sebesar 91,67% dengan kategori “Sangat Baik” dan ahli media sebesar 91,67% dengan kategori “Sangat Baik”. Sedangkan, hasil persepsi siswa terhadap e-modul materi suhu dan kalor berbasis ethnophysics memperoleh nilai dengan persentase sebesar 86,8% dengan kategori “Sangat Baik” sehingga menunjukkan bahwa e-modul merupakan media penunjang pembelajaran yang baik dan menarik.
Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Fisika |
Depositing User: | Rizki Intan Sari |
Date Deposited: | 25 May 2021 07:33 |
Last Modified: | 25 May 2021 07:33 |
URI: | https://repository.unja.ac.id/id/eprint/19931 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |