Peran Orang Tua dalam Pembelajaran Daring pada Masa Pandemi Covid-19

Keristian, Esi and Destrinelli, Destrinelli and Pamela, Issaura Sherly (2021) Peran Orang Tua dalam Pembelajaran Daring pada Masa Pandemi Covid-19. S1 thesis, Univesitas Jambi.

[img] Image
IMG_20210525_092709.jpg

Download (65kB)
[img] Image
IMG_20210525_093043.jpg

Download (191kB)
[img] Image
IMG_20210525_093059.jpg

Download (116kB)
[img] Text
bab10200014846.pdf

Download (297kB)
[img] Text
bab50200014846.pdf

Download (189kB)
[img] Text
LEMBAR PENGESAHAN-1.pdf

Download (271kB)

Abstract

ABSTRAK Keristian, Esi. 2021, “Peran Orang Tua dalam Pembelajaran Daring pada Masa Pandemi Covid-19”. Skripsi. Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar. FKIP, Universitas Jambi. Dosen pembimbing (I) Dra. Destrinelli, M.Pd. (II) Isaaura Sherly Pamela, S.Pd., M.Pd. Kata kunci: Peran Orang Tua, Pembelajaran Daring, Masa Pandemi Covid-19 Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan bagaimana peran orang tua dalam pembelajaran daring pada masa pandemi Covid-19. Penelitian ini dilakukan di SD Negeri 47/IV Kota Jambi pada semester genap tahun ajaran 2020/2021. Pendekatan penelitian ini berupa penelitian kualitatif dengan jenis penelitian fenomenologi. Informan yang dipilih dalam penelitian ini yaitu orang tua siswa kelas 1A SD Negeri 47/IV Kota Jambi dengan informan pendukung yaitu siswa dan guru kelas 1A SD Negeri 47/IV Kota Jambi. Data dalam penelitian ini diperoleh dengan teknik pengumpulan data berupa observasi, wawancara, dan dokumentasi. Kemudian data dianalisis dengan menggunakan teknik analisis model Milles and Huberman dengan menggunakan tiga tahap, yaitu reduksi data, penyajian data, dan verifikasi data atau penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa orang tua telah berperan aktif dalam pembelajaran daring. Bentuk peran orang tua dalam pembelajaran daring yaitu: (1) peran orang tua dalam menyediakan fasilitas belajar anak dengan cara memfasilitasi anak, baik sarana maupun prasarana yang digunakan oleh anak dalam proses pembelajaran,(2) peran orang tua dalam memotivasi anak belajar, orang tua memberikan motivasi kepada anak seperti melakukan perjanjian, memberikan nasehat, memberikan semangat dan reward ketika anak mengerjakan tugas, (3) peran orang tua dalam membantu kesulitan belajar anak, orang tua mendampingi anak pada saat belajar, baik orang tua yang tidak bekerja maupun orang tua yang bekerja. Untuk orang tua yang bekerja tetap mengusahakan mendampingi anak yang dilakukan setelah pulang kerja. Orang tua membantu anak dengan cara membacakan dan mencontohkan kepada anak. Kesimpulan dari penelitian ini adalah bahwa peran orang tua dalam pembelajaran daring di masa pandemi covid-19 yaitu menyediakan fasilitas belajar anak, memberikan motivasi kepada anak dan membatu kesulitan belajar anak. vi

Type: Thesis (S1)
Subjects: L Education > LA History of education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PGSD
Depositing User: ESI KERISTIAN
Date Deposited: 25 May 2021 03:07
Last Modified: 25 May 2021 03:07
URI: https://repository.unja.ac.id/id/eprint/19933

Actions (login required)

View Item View Item