robbi, tianhuri (2021) PEMBELAJARAN BAHASA ARAB MENGGUNAKAN PENDEKATAN KECERDASAN EMOSIONAL MELALUI DARING DI KELAS VI MIS NURUL HUDA SEMBUBUK. Ad-Dhuha, 2 (01).
![]() |
Text
ROBBY TIANHURI(I1A216018).pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
![]() |
Text
cover.pdf Download (96kB) |
![]() |
Text
halaman pengesahan.pdf Download (923kB) |
![]() |
Text
BAB I.pdf Download (299kB) |
![]() |
Text
BAB V.pdf Download (93kB) |
![]() |
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (88kB) |
Abstract
ABSTRAK Robby Tianhuri, NIM I1A216018, "Pembelajaran Bahasa Arab Menggunakan Pendekatan Kecerdasan Emosional Melalui Daring Di Kelas VI MIS Nurul Huda Sembubuk". Skripsi Program Studi Pendidikan Bahasa Arab, Universitas Jambi, Pembimbing 1). Dr. Mohamad Muspawi, S.Pd.I., M.Pd.I. Pembimbing 2). Mar’atun Shaliha,M.Pd.I Pembelajaran Bahasa Arab yang efektif menjadi ukuran penting dalam keberhasilan siswa menguasai dan memahami Bahasa Arab. Para Guru dan tenaga pendidik akan selalu berusaha meningkatkan keefektifan proses pembelajaran kepada setiap peserta didik agar dapan dengan mudah memahami dan menguasai Bahasa Arab secara maksimal. Oleh sebab itu dibutuhkannya metode dan pendekatan yang baik dan menarik untuk mencapai keberhasilan tersebut. Dalam penelitian ini penulis membahas bagaimana proses pembelajaran bahasa Arab menggunakan pendekatan kecerdasan emosional kepada peserta didik melalui Daring yang berlakukan dimasa pandemi Covid 19. Berangkat dari permasalahan tersebut, penelitian ini nantinya diharapkan penulis mampu menguraikan proses pembelajaran hingga sampai kepada hasil dari proses pembelajaran bahasa Arab menggunakan pendekatan kecerdasan emosional melalui daring tersebut Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif deskriptif. Kualitatif dipilih karena tujuan penelitian ini adalah mengeksplorasi isi di dalam objek. Penelitian kualitatif dilakukan pada kondisi alamiah dan bersifat penemuan. Dalam penelitian kualitatif, peneliti merupakan instrument kunci. Oleh karena itu, peneliti harus memiliki bekal teori dan wawasan yang luas jadi bias bertanya, menganalisis, dan mengkonstruksi objek yang diteliti menjadi lebih jelas. Penelitian ini lebih menekankan pada makna dan terikat nilai. Penelitian kualitatif digunakan jika masalah belum jelas. Berdasarkan hasil penelitian Melaluikualitatif deskriptif melalui teknik pengumpulan data berupa angket dan wawancara yang telah dilakukan pada guru dan siswa di kelas VI MIS Nurul Huda Sembubuk, dapat ditarik kesimpulan bahwa, pandemi COVID-19 sangat berdampak pada dunia pendidikan. Pandemi ini mengakibatkan proses pembelajaran bahasa Arab menjadi sangat terganggu, apalagi karena bahasa Arab merupakan bahasa asing yang tidak dipakai sehar-hari. Hal itu mengharuskan guru untuk melakukan usaha yang ekstra agar pembelajaran menggunakan pendekatan secara emosional dapat terlaksana dengan baik. Kata kunci: Pembelajaran Bahasa Arab, Kecerdasan Emosional, dan Daring.
Type: | Article |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Budaya > Bahasa Arab |
Depositing User: | ROBBY TIANHURI |
Date Deposited: | 25 May 2021 03:35 |
Last Modified: | 25 May 2021 03:35 |
URI: | https://repository.unja.ac.id/id/eprint/19934 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |