Rahma, Aghyni (2021) KEPEMIMPINAN KEPALA SEKOLAH DALAM PENGELOLAAN KEGIATAN EKSTRAKURIKULER DI SMP NEGERI 5 KOTA JAMBI. S1 thesis, Universitas Jambi.
![]() |
Text
COVER.pdf Download (64kB) |
![]() |
Text
ABSTRAK.pdf Download (32kB) |
![]() |
Text
HALAMAN PERSETUJUAN.pdf Download (651kB) |
![]() |
Text
HALAMAN PENGESAHAN.pdf Download (650kB) |
![]() |
Text
BAB I.pdf Download (175kB) |
![]() |
Text
BAB V.pdf Download (43kB) |
![]() |
Text
DAFTAR RUJUKAN.pdf Download (56kB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana kepemimpinan kepala sekolah dalam pengelolaan kegiatan ekstrakurikuler di SMP Negeri 5 Kota Jambi. Kegiatan ekstrakurikuler adalah kegiatan yang diselenggarakan pada luar jam pelajaran sebagai wadah dalam mengembangkan potensi siswa, serta membentuk moral dan karakter unggulan bagi peserta didik. Penelitian ini dilatar belakangi berdasarkan peran kepala sekolah yang belum optimal dalam mengelola kegiatan ekstrakurikuler. Penelitian ini menggunakan metode pendekatan kualitatif deskriptif. Subjek penelitian antara lain kepala sekolah, wakil kepala bagian kurikulum, wakil kepala bagian kesiswaan, dan beberapa guru mata pelajaran yang menjadi pembina ekstrakurikuler. Penelitian ini menerapkan purposive Sampling dengan teknik pengumpulan data melalui wawancara. Teknik analisis data menggunakan reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukan: (1) Kepemimpinan kepala sekolah melakukan koordinasi dengan guru pembina dan wali kelas melalui rapat rutin bulanan; mmeberikan kebebasan kepada peserta didik untuk memilih kegiatan ekstrakurikuler ayng diikuti sesuia minat masing-masing; mengadakan jalinan kerjasama dengan pembina atau tenaga professional diluar sekolah; dan, melibatkan orang tua dlam proses pengembangan minat dan bakat peserta didik. (2) Adapun kendala yang dihadapi sekolah dalam pengelolaan kegiatan ekstrakurikuler di SMP Negeri 5 Kota Jambi yaitu: minimnya dana yang tersedia dari sekolah; kurangnya inisiatif kepala sekolah dalam memantau peserta didik secara langsung saat kegiatan ekstrakurikuler; serta rendanya daya minat siswa mengikuti kegiatan ekstrakurikuler dikarenakan jadwal kegiatan yang belum efektif dan efisien. Dari hasil penelitian ini kepala sekolah menjalin komunikasi dua arah secara terbuka dengan guru mata pelajaran yang menjadi pembina dan wali kelas, memberikan kesempatan kepada peserta didik untuk memilih kegiatan ekstrakurikuler, menjalin kerjasama dengan unit pembinaan diluar sekolah dan melibatkan orang tua dalam pelaksanaan kegiatan ekstrakurikuler. Adapun saran terkait penelitian ini yaitu agar kepala sekolah lebih optimal dalam menjalin komunikasi dengan seluruh Sumber Daya Manusia (SDM) di sekolah agar dapat melahirkan peserta didik yang aktif dan kreatif.
Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LA History of education |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Administrasi Pendidikan |
Depositing User: | AGHYNI RAHMA |
Date Deposited: | 27 May 2021 07:20 |
Last Modified: | 27 May 2021 07:20 |
URI: | https://repository.unja.ac.id/id/eprint/19967 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |