Raidil, M (2021) PENGARUH MODEL TREFFINGER BERBASIS OPEN ENDED PROBLEM TERHADAP BERPIKIR KREATIF SISWA PADA MATERI LARUTAN PENYANGGA DI KELAS XI IPA SMAN 12 KOTA JAMBI. S1 thesis, Universitas Jambi.
![]() |
Text
COVER.pdf Download (58kB) |
![]() |
Text
HALAMAN PENGESAHAN aidiil bener.pdf Download (156kB) |
![]() |
Text
DAFTAR ISI.,.pdf Download (35kB) |
![]() |
Text
bab 1.pdf Download (405kB) |
![]() |
Text
bab 5.pdf Download (6kB) |
Abstract
Raidil, M. 2021. Pengaruh model Treffinger berbasis Open Ended Problem terhadap kemampuan berpikir kreatifsiswa pada materi larutan penyangga di Kelas XI IPA SMAN 12 Kota Jambi. Skripsi, Jambi: Program Studi Pendidikan Kimia, Jurusan Pendidikan Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Jambi. Pembimbing I: Drs. Fuldiaratman, M.Pd, Pembimbing II: Dra. Yusnidar, M.Pd. Kata Kunci:Treffinger, Open Ended Problem, Berpikir Kreatif dan Larutan Penyangga. Kemampuan yang dituntut dalam kurikulum 2013 adalah kemampuan berpikir kreatif. Peranan guru dalam kurikulum adalah sebagai fasilitator, mediator serta perancang pembelajaran. Peningkatan kemampuan berpikir kreatif siswa dalam pembelajaran menggunakan model Treffinger berbasis Open Ended Problem. Tujuan penelitian ini yaitu untuk melihat pengaruh penggunaan model Pembelajaran Treffinger berbasis Open Ended Problem Terhadap Peningkatan Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa Pada Materi Larutan Penyanggat Di SMA Negeri 12 Kota Jambi. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian eksperimen yang menggunakan bentuk desain Quasi Eksperiment dengan rangcangan Non Equivalent Kontrol Group Design yang memberikan pretest terlebih dahulu tanpa memilih secara random baik kelompok kontrol maupun kelompok eksperiment. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini yaitu tes esai yang terdiri dari 10 soal dan lembar observasi sebagai data pendukung. Hasil analisis data menunjukkan bahwa penggunaan model pembelajaran Treffinger berbasis Open Ended Problem memberikan pengaruh terhadap kemampuan berpikir kreatif siswa yang dibuktikan dengan adanya peningkatan hasil rata-rata pretest dan posttest yaitu 42,2% - 56,9% di kelas kontrol dengan selisih kenaikan 14,7%, sedangkan di kelas eksperimen mendapatkan hasil 42,6% - 63,3% dengan selisih kenaikan 20,7%. Jika ditinjau dari hasil per indikator kemampuan berpikir kreatif pada kelas kontrol - eksperimen berturut-turut yaitu yang pertama sensitivity 62,7% - 64,6%, fluency 58,8% - 61,9%, flexibility 51,9% - 56,1%, originality 56,5% - 63,0%, dan elaborate 52,3% - 64,0%. Dari hasil tersebut juga dapat membuktikan bahwa hasil kemampuann berpikir kreatif per indikator di kelas eksperimen lebih tinggi dari pada kelas kontrol.
Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Kimia |
Depositing User: | M. RAIDIL |
Date Deposited: | 02 Jun 2021 03:51 |
Last Modified: | 02 Jun 2021 03:51 |
URI: | https://repository.unja.ac.id/id/eprint/20005 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |