Sinambela, Roby Hanggara (2021) Penerapan Kebijakan Rekrutmen Guru Di SMP Swasta Taman Budaya Jambi. S1 thesis, Universitas Jambi.
![]() |
Text
COVER SKRIPSI.pdf Download (55kB) |
![]() |
Text
HALAMAN PENGESAHAN.pdf Download (83kB) |
![]() |
Text
ABSTRAK.pdf Download (7kB) |
![]() |
Text
KATA PENGANTAR.pdf Download (111kB) |
![]() |
Text
DAFTAR ISI & DAFTAR TABEL.pdf Download (199kB) |
![]() |
Text
BAB I.pdf Download (269kB) |
![]() |
Text
BAB II.pdf Restricted to Repository staff only Download (440kB) |
![]() |
Text
BAB III.pdf Restricted to Repository staff only Download (295kB) |
![]() |
Text
BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (338kB) |
![]() |
Text
BAB V.pdf Download (8kB) |
![]() |
Text
DAFTAR RUJUKAN.pdf Download (159kB) |
Abstract
Tujuan Penelitian ini untuk mengetahui bagimana penerapan kebijakan rekrutmen guru di SMPS Taman Budaya Jambi dan untuk mendeskripsikan faktor-fakor yang menjadi pendukung dan penghambat penarapan kebijakan rekrutmen guru di SMPS Taman Budaya Jambi. Penelitian ini dilatarbelakangi karena ketertarikan peneliti membahas masalah yaitu masih adanya guru-guru yang mengajar disekolah namun tidak linier latar belakang pendidikannya dengan bidang studi yang diajarkannya. Penelitian ini menggunakan metode deskrptif kualitatif dengan jenis penelitian studi kasus (case study). Subjek penelitian ini adalah kepala sekolah, ketua yayasan, wakil kepala sekolah bidang kesiswaan, wakil kepala sekolah bidang kurikulum, dan dua orang guru SMP Swasta Taman Budaya Jambi. Teknik yang digunakan dalam penelitian ini adalah Purpose Sampling. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan metode wawancara. Teknik analisis data yang digunakan adalah reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil dan kesimpulan penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) Penerapan kebijakan rekrutmen guru di SMPS Taman Budaya Jambi dilakukan dengan Persiapan rekrutmen guru dengan mengadakan rapat dengan stake holder yang ada disekolah, untuk membahas masa perpanjangan kinerja, penyebaran pengumuman penerimaan guru baru dilakukan melalui media sosial, dan secara lisan, aturan yang dibuat dalam penerimaan lamaran guru baru yakni, jurusan yang linier dengan kebutuhan sekolah, ber ijazah S1, seleksi pelamar dilakukan melalui tes testulis, tes mengajar, wawancara, melakukan micro teching didepan kepala sekolah. (2) Faktor pendukung penerapan kebijakan rekrutmen guru yaitu dukungan dan dari ketua yayasan, media sosial yang efektif dan efisien dan latar belakang pendidikan yang lebih tinggi dari calon guru baru untuk mempermudah sekolah dalam melakukan seleksi pelamar, sedangkan Faktor penghambatnya yakni banyaknya calon guru yang mengundurkan diri akibat tidak puas dengan gaji yang ditawarkan, guru yang melamar kebanyakan tidak linier dengan yang dibutuhkan sekolah sehingga sekolah. Untuk saran Pihak sekolah diharapkan konsistensi dalam penentuan calon guru baru yang akan diterima haruslah dijaga, meskipun harus dengan proses yang relatif lama dalam memperoleh guru-guru yang sesuai dengan kebutuhan sekolah.
Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LA History of education |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Administrasi Pendidikan |
Depositing User: | ROBY HANGGARA SINAMBELA |
Date Deposited: | 02 Jun 2021 03:28 |
Last Modified: | 02 Jun 2021 03:28 |
URI: | https://repository.unja.ac.id/id/eprint/20043 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |