Problematika Guru Dalam Melaksanakan Pembelajaran Berbasis HOTS Selama Pandemi Covid-19 di Sekolah Dasar

Fransiska Lingga, Ida and Kuntarto, Eko and Alirmansyah, Alirmansyah (2021) Problematika Guru Dalam Melaksanakan Pembelajaran Berbasis HOTS Selama Pandemi Covid-19 di Sekolah Dasar. S1 thesis, Universitas Jambi.

[img] Text
sampul 3.pdf

Download (558kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (502kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (192kB)
[img] Text
Lembar pengesahan ida.pdf

Download (177kB)
[img] Text
Lembar persetujuan ida.pdf

Download (146kB)
[img] Text
Skripsi_Ida Fransiska Lingga_A1D117077.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

Kata Kunci : Problematika, Pembelajaran HOTS Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan dan memberikan gambaran problematikan yang dialami oleh guru dalam melaksankan pembelajaran berbasis HOTS khususnya pada masa pandemi Covid-19 Penelitian ini dilakukan di SD Negeri 55/I Sridadi pada bulan Januari 2021. Data penelitian diperoleh dengan cara observasi, wawancara dan dokumentasi. Adapun subjek penelitian ini adalah guru kelas V dan kelas VI. Hasil penelitian menunjukkan bahwa guru mengalami problematika dalam merancanag Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) berbasis HOTS, mempersiapkan media pembelajaran, menyampaikan materi dan interaksi dalam pelaksanaan pembelajaran serta evaluasi pembelajaran. Faktor internalnya yaitu waktu guru memerlukan waktu khusus dalam merancang, mempersiapkan media dan tidak dapat menyampaikan materi secara panjang lebar akibat waktu dan interaksi yang terbatas guna menghindari kerumunan akibat Covid-19. Sedangkan faktor timbulnya kendala tersebut adalah adalah faktor internal dan eksternal. Siswa yang belum terbiasa melakukan pembelajaran berbasis HOTS yang tingkat kemampuan kognitifnya lebih tinggi yaitu dari C4 (Menganalisis), C5 (Mengevaluasi) dan C5 (Mencipta) merupakan salah satu faktor internal. Dari hasil penelitian ini disarankan agar guru memperbanyak pengetahuan dan mempelajari lebih mendalam tentang pembelajaran berbasis HOTS. Selain itu, guru sebagai pemegang peran dalam proses pembelajaran mestinya menggunakan media dan mengadakan variasi sehingga siswa juga dapat terlatih dalam menggunakan media pembelajaran.

Type: Thesis (S1)
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LA History of education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PGSD
Depositing User: LINGGA
Date Deposited: 02 Jun 2021 03:15
Last Modified: 02 Jun 2021 03:15
URI: https://repository.unja.ac.id/id/eprint/20045

Actions (login required)

View Item View Item