Fitriana, Eka (2021) Desain Modul Berbasis STEM Berbantuan Cabri 3D pada Materi Geometri Kelas VIII SMP. S1 thesis, FKIP.
![]() |
Text
cover cd.pdf Download (7kB) |
![]() |
Text
halaman pengesahan.pdf Download (94kB) |
![]() |
Text
3. Daftar Isi, Gambar, Tabel, Lampiran.pdf Download (100kB) |
![]() |
Text
4. Bab I.pdf Download (190kB) |
![]() |
Text
8. Bab V.pdf Download (99kB) |
Abstract
Fitriana, Eka. 2021. Desain Modul Berbasis STEM Berbantuan Cabri 3D pada Materi Geometri Kelas VIII SMP: Skripsi, Jurusan Pendidikan Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, FKIP Universitas Jambi, Pembimbing: (I) Yelli Ramalisa, S.Pd., M.Sc., (II) Feri Tiona Pasaribu, S.Pd., M.Pd. Kata kunci: Modul, STEM, Cabri 3D, Geometri. Penelitian ini didasarkan pada kebutuhan siswa dan guru dalam memanfaatkan teknologi berupa aplikasi matematika untuk mendukung proses pembelajaran, terutama untuk materi geometri (bangun ruang sisi datar, kubus dan balok). Oleh karenanya untuk memenuhi kebutuhan tersebut, penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan desain dan kualitas modul berbasis STEM berbantuan Cabri 3D pada materi geometri kelas VIII SMP. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan dengan menggunakan model ADDIE yang dikembangkan oleh Branch (2009) dengan tahapan analyze, design, develop, implement, and evaluate. Penelitian ini dilakukan di SMP Negeri 11 Kota Jambi pada 25 Januari 2021 sampai 28 Februari 2021 dengan subjek penelitian yaitu siswa kelas VIII G. Pada uji validitas modul, penilaian dilakukan oleh tim ahli yang terdiri dari ahli materi dan ahli desain yang merupakan dosen pendidikan matematika. Pada uji coba perorangan, penilaian dilakukan oleh seorang guru matematika di SMP N 11 Kota Jambi. Pada uji coba kelompok kecil, subjek penelitiannya adalah Sembilan siswa kelas VIII G yang dipilih berdasarkan kriteria tinggi, sedang dan rendah berdasarkan nilai dan usulan dari guru matematika. Dan pada uji coba lapangan, subjek penelitiannya adalah siswa kelas VIII G yang berjumlah 32 siswa. Instrumen penelitian terdiri dari angket validasi instrumen, angket validasi materi, angket validasi desain, angket praktikalitas modul, angket efektivitas (respon) siswa dan soal tes hasil belajar. Penelitian ini menghasilkan modul yang kualitasnya dinilain berdasarkan tiga kriteria, yaitu valid, praktis dan efektif. Berdasarkan hasil penelitian, diperoleh: 1) persentase kevalidan modul dari ahli materi adalah 96,36% (sangat valid) dan dari ahli desain adalah 92,94% (sangat valid), 2) persentase kepraktisan modul oleh guru adalah 97,33% (sangat praktis) dan oleh siswa adalah 89,44% (sangat praktis), 3) persentase keefektifan modul dari angket respon siswa adalah 81,72% (sangat efektif) dan dari ketuntasan tes hasil belajar siswa adalah 84,37% (sangat efektif).
Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | EKA FITRIANA |
Date Deposited: | 03 Jun 2021 03:06 |
Last Modified: | 03 Jun 2021 03:06 |
URI: | https://repository.unja.ac.id/id/eprint/20059 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |