Pengembangan e-Komik Kimia Pada Materi Asam dan Basa di Kelas XI IPA SMA

Cristi, Elsa Maria (2020) Pengembangan e-Komik Kimia Pada Materi Asam dan Basa di Kelas XI IPA SMA. S1 thesis, universitas jambi.

[img] Text
COVER DAN LAIN-LAIN.pdf

Download (294kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (86kB)
[img] Text
KATA PENGANTAR.pdf

Download (170kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (215kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (189kB)

Abstract

Cristi, Elsa Maria. 2020. Pengembangan e-Komik Kimia Pada Materi Asam dan Basa di Kelas XI IPA SMA : Program Studi Pendidikan Kimia Jurusan Pendidikan Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Jambi, Pembimbing: (I) Prof. Dr rer.nat Muhaimin, S.Pd., M.Si, (II) Nazaruddin, S.Si., M.Si., Ph.D Kata Kunci: e-Komik Kimia, Asam dan Basa Ilmu kimia merupakan ilmu yang mempelajari segala sesuatu seperti halnya struktur, susunan, sifat dan perubahan pada materi serta energi yang menyertainya. Dalam proses belajar mengajar kedudukan media pembelajaran sangat penting, karena dalam kegiatan tersebut ketidak jelasan bahan yang disampaikan dapat dibantu dengan menggunakan media sebagai perantara. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui cara mengembangkan media pembelajaran komik kimia menggunakan 3D Page Flip pada materi asam dan basa, mengetahui penilaian ahli media dan ahli materi terhadap media pembelajaran komik kimia materi asam dan basa, dan untuk mengetahui penilaian siswa dan guru terhadap media pembelajaran komik kimia materi asam dan basa di Kelas XI IPA. Penelitian ini menggunakan kerangka pengembangan ADDIE yang terdiri dari tahap analisis, desain, pengembangan, penerapan, dan evaluasi. Instrument penelitian yang digunakan adalah lembar observasi, wawancara dan angket. Produk hasil pengembangan divalidasi oleh tim ahli media dan materi, dan juga dilakukan penilaian oleh guru, selanjutnya diujicobakan pada kelompok kecil yakni 10 orang responden. Hasil Penelitaian menunjukkan bahwa penelitian e-Komik Kimia menurut ahli media, ahli materi, dan penilaian guru masing-masing diperoleh skor jawaban sebesar 71 (sangat baik); 69 (sangat baik); dan 70 (sangat baik) selanjutnya persentase skor respons siswa diperoleh sebesar 92% (sangat baik). Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa ahli media , ahli materi, dan guru bidang studi kimia SMA setempat menilai media komik kimia menggunakan 3D Pageflip pada materi asam dan basa baik digunakan dan siswa memberikan respon positif terhadap media komik kimia yang dikembangkan.

Type: Thesis (S1)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Kimia
Depositing User: CRISTI
Date Deposited: 14 Jun 2021 06:31
Last Modified: 14 Jun 2021 06:31
URI: https://repository.unja.ac.id/id/eprint/20156

Actions (login required)

View Item View Item