STRATEGI GURU DALAM MENGATASI KESULITAN BELAJAR SISWA PADA MASA PANDEMI COVID-19

Amalia, Wina (2021) STRATEGI GURU DALAM MENGATASI KESULITAN BELAJAR SISWA PADA MASA PANDEMI COVID-19. S1 thesis, Universitas Jambi.

[img] Text
COVER.pdf

Download (235kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (201kB)
[img] Text
BAB 1.pdf

Download (392kB)
[img] Text
BAB 5.pdf

Download (207kB)
[img] Text
HALAMAN PERSETUJUAN DAN PENGESAHAN.pdf

Download (426kB)

Abstract

Amalia, Wina. 2021. Strategi Guru dalam Mengatasi Kesulitan Belajar Siswa Pada Masa Pandemi Covid-19. Skripsi, Jurusan Pendidikan Anak Usia Dini dan Dasar, FKIP Universitas Jambi, Pembimbing: (I) Drs. Andi Suhandi., S.Pd., M.Pd. I., (II) Issaura Sherly Pamela., S.Pd., M.Pd. Kata Kunci : Strategi Guru, Kesulitan Belajar, Pembelajaran Masa Pandemi Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui strategi guru dalam mengatasi kesulitan belajar siswa pada masa pandemi covid-19. Metode penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian fenomenologi. Data yang diperlukan berupa teks deskripsi mengenai strategi guru dalam mengatasi kesulitan belajar siswa pada masa pandemi covid-19, data diperoleh dengan observasi, wawancara dan dokumentasi dari sumber data yaitu Guru dan Siswa Kelas III B SD Negeri 13/I Muara Bulian. Temuan dan hasil penelitian menunjukkan bahwa dalam mengatasi kesuitan belajar siswa pada masa pandemi covid-19 yaitu guru membuat perencanaan strategi, pelaksanaan strategi dan evaluasi strategi yang telah dilakukan saat mengatasi kesulitan belajar siswa. Strategi yang digunakan guru dalam mengatasi kesulitan belajar siswa diantaranya, tetap melakukan komunikasi melalui WhatsApp grup dan menghubungi secara pribadi melalui WhatsApp, guru memberikan motivasi kepada siswa agar lebih giat belajar, guru menjalin kerjasama dengan orang tua untuk mengatasi kesulitan belajar siswa, guru mengirimkan media video pembelajaran ke dalam Grup WhatsApp agar siswa lebih mengerti dan memahami pelajaran, guru memberikan catatan kecil didalam buku tugas dan memberikan contoh yang benar agar siswa tau apa yang harus diperbaiki kemudian guru melakukan evaluasi strategi yang digunakan. Kesimpulan yang didapat dari penelitian ini yaitu strategi guru dalam mengatasi kesulitan belajar pada masa pandemi covid-19 guru diharuskan untuk memilih strategi yang tepat untuk mengatasi setiap kesulitan belajar siswa melalui daring dan luring, komunikasi antar guru dengan siswa tidak terlepas dari aplikasi WhatsApp Strategi yang digunakan guru dalam mengatasi kesulitan belajar siswa diantaranya, tetap melakukan komunikasi melalui WhatsApp grup dan menghubungi secara pribadi melalui WhatsApp, guru menjalin kerjasama dengan orang tua untuk mengatasi kesulitan belajar siswa, guru mengirimkan media video pembelajaran, guru memberikan catatan kecil didalam buku tugas siswa dan melakukan evaluasi terhadap strategi yang digunakan dalam mengatasi kesulitan belajar siswa saat pembelajaran pada masa pandemi covid-19.

Type: Thesis (S1)
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LA History of education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PGSD
Depositing User: WINA AMALIA
Date Deposited: 07 Jun 2021 06:36
Last Modified: 07 Jun 2021 06:36
URI: https://repository.unja.ac.id/id/eprint/20158

Actions (login required)

View Item View Item