ANALISIS PENGELOLAAN KELAS DALAM PEMBELAJARAN SENTRA DI TK XAVERIUS 1 KOTA JAMBI

Siringoringo, Senti Susilawati (2021) ANALISIS PENGELOLAAN KELAS DALAM PEMBELAJARAN SENTRA DI TK XAVERIUS 1 KOTA JAMBI. S1 thesis, Universitas Jambi.

[img] Text
COVER.pdf

Download (17kB)
[img] Text
LEMBAR PENGESAHAN.pdf

Download (164kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (202kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (326kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (187kB)

Abstract

Salah satu sasaran dalam pengelolaan kelas yaitu pengelolaan kelas terkait dengan pengaturan kelas. Kondisi fisik ruang kelas besar pengaruhnya terhadap kemungkinan timbulnya gangguan belajar. Hal-hal tersebut diatur sedemikian rupa sehingga pentingnya menciptakan kondisi kelas yang maksimal dan dapat mempertahankan suasana kelas yang menyenangkan, aman dan kondusif sehingga mendukung kegiatan yang akan dilakukan oleh anak maupun guru selama proses pembelajaran berlangsung. TK Xaverius 1 sudah menerapkan model pembelajaran berdasarkan sentra. Adapun sentra yang digunakan antara lain sentra balok, sentra persiapan, sentra bahan alam, sentra main peran dan sentra seni dan kreativitas. Dalam pengelolaan kelasnya guru memiliki keterampilan dan berhak untuk mengelola kelas yang sesuai dengan kurikulum yang diterapkan. Pengelolaan kelas dimaksud pada penelitian ini pada kelas sentra balok. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah Bagaimana pengelolaan kelas dalam pembelajaran sentra di TK Xaverius 1 Kota Jambi. Pertanyaan penelitian ini adalah: (1) Bagaimanakah pengelolaan kelas dalam pembelajaran sentra balok berkenaan dengan kesiapan guru dalam hal mengajar, (2) berkenaan dengan kesiapan anak dalam hal belajar, (3) berkenaan dengan media pembelajaran yang digunakan guru dalam hal mengajar, (4) berkenaan dengan penataan ruangan kelas yang digunakan guru di TK Xaverius 1 Kota Jambi. Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk menganalisis: (1) Pengelolaan kelas dalam pembelajaran sentra balok berkenaan dengan kesiapan guru dalam hal mengajar, (2) kesiapan anak dalam hal belajar, (3) media pembelajaran yang digunakan guru dalam hal mengajar dan (4) penataan ruangan kelas yang digunakan guru di TK Xaverius 1 Kota Jambi. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif yang mana penelitian ini berusaha untuk menggambarkan keadaan yang sebenarnya dilapagan. Penelitian ini menggunakan yang melibatkan guru sentra kelompok B pada usia 5-6 tahun. Data dikumpulkan melalui penyebaran angket dan dokumentasi. Data di analisis secara kualitatif dengan menggunakan tahapan pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Berdasarkan hasil dan pembahasan penelitian ini menunjukkan bahwa pengelolaan kelas dalam pembelajaran sentra di TK Xaverius 1 Kota Jambi yang berkenaan dengan: (1) kesiapan guru dalam hal mengajar dapat dikatakan baik, (2) kesiapan anak dalam hal belajar dapat dikatan baik, (3) penataan ruang kelas yang dilakukan guru dapat dikatakan baik, dan (4) media pembelajaran yang digunakan guru dapat dikatakan baik. Kesimpulan pada penelitian ini yaitu pengelolaan kelas dalam pembelajaran sentra di TK Xaverius 1 Kota Jambi dapat dikatan baik.

Type: Thesis (S1)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PG-PAUD
Depositing User: SENTI S SIRINGORINGO
Date Deposited: 08 Jun 2021 02:54
Last Modified: 08 Jun 2021 02:54
URI: https://repository.unja.ac.id/id/eprint/20170

Actions (login required)

View Item View Item