ANALISIS DAMPAK PEMBELAJARAN DARING PADA PELAJARAN MATEMATIKA KELAS VI DI MASA PANDEMI COVID-19 SEKOLAH DASAR

DIVA, APRI MULYA (2021) ANALISIS DAMPAK PEMBELAJARAN DARING PADA PELAJARAN MATEMATIKA KELAS VI DI MASA PANDEMI COVID-19 SEKOLAH DASAR. S2 thesis, UNIVERSITAS JAMBI.

[img] Text
COVER.pdf

Download (98kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (87kB)
[img] Text
HALAMAN PENGESAHAN.pdf

Download (86kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (145kB)

Abstract

ABSTRAK ANALISIS DAMPAK PEMBELAJARAN DARING PADA PELAJARAN MATEMATIKA KELAS VI DI MASA PANDEMI COVID-19 SEKOLAH DASAR Oleh : DIVA APRI MULYA P2A619022 Program Studi Pendidikan Dasar Pelaksanaan pembelajaran secara daring memiliki dampak salah satunya pada pembelajaran matematika dikelas VI. Guru matematika mengungkapkan bahwa ada beberapa peserta didik kelas VI yang kesulitan dalam memahami materi yang disampaikan, karena pembelajaran matematika memerlukan penjelasan yang rinci, dimana selama pembelajaran daring guru hanya menjelaskan secara garis besarnya saja. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk memperoleh informasi mengenai Analisis Dampak Pembelajaran Daring pada Pelajaran Matematika Kelas VI di Masa Pandemi Covid-19 Sekolah Dasar. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan metode deskriptif dengan metode fenomenologi sebagai upaya untuk memahami makna yang sesungguhnya dari suatu fenomena atau kejadian. Subjek penelitiannya adalah Kepala Sekolah, guru dan siswa. Data penelitian ini dikumpulkan melalui metode observasi, dokumentasi, dan wawancara. Teknik analisa data menggunakan model yang dikembangkan Miles dan Hubberman yaitu: reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pembelajaran daring sangat berdampak bagi peserta didik terutama kelas VI dalam memperdalam pemahaman mengenai pembelajaran matematika yang didapatkan oleh peserta didik itu sendiri, karena belajar daring kurang efektif apalagi pada pembelajaran matematika yang lebih memahami tentang hitung-hitungan dan rumus. Pada proses pembelajaran daring lambatnya umpan balik guru kepada peserta didik atau peserta didik kepada guru hal ini juga dapat memicu kurang efektif dalam proses pembelajaran daring. Kata Kunci : Pembelajaran Daring, Pembelajaran Matematika

Type: Thesis (S2)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Pascasarjana > Pendidikan Dasar
Depositing User: DIVA APRI MULYA
Date Deposited: 11 Jun 2021 06:48
Last Modified: 11 Jun 2021 06:48
URI: https://repository.unja.ac.id/id/eprint/20201

Actions (login required)

View Item View Item