IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN DARING PADA PEMBELAJARAN TEMATIK DI KELAS V SDN 225/IV KOTA JAMBI

NIARTI, DWI (2021) IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN DARING PADA PEMBELAJARAN TEMATIK DI KELAS V SDN 225/IV KOTA JAMBI. S2 thesis, UNIVERSITAS JAMBI.

[img] Text
BISMILLAH TESIS SIDANG DWI NIARTI (P2A619013).pdf

Download (966kB)

Abstract

ABSTRAK Niarti, Dwi. 2021. “Implementasi Pembelajaran Daring Pada Pembelajaran Tematik di Kelas V SDN 225/IV Kota Jambi”. Tesis, Program Studi Magister Pendidikan Dasar, Jurusan Pendidikan Anak Usia Dini dan Dasar, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Jambi. Pembimbing (I) Dr. Dra. Nazurty, M.Pd., Pembimbing (II) Eddy Haryanto, S.Pd., M.Sc.,MPP.,Ph.D Kata Kunci: Pembelajaran Daring, Pembelajaran Tematik, Pandemi covid-19 telah mengganggu pembelajaran secara konvensional. Maka diperlukan solusi untuk menjawab permasalahan tersebut. Pembelajaran secara daring adalah salah satu alternatifnya yang dapat mengatasi permasalahan tersebut. Tujuan penelitian adalah untuk memperoleh pelaksanaan pembelajaran daring di SDN 225/IV Kota Jambi serta Hambatan-hambatan yang terdapat dalam penerapan pembelajaran daring oleh guru, peserta didik serta orang tua sebagai pendamping belajar anak di rumah, sebagai upaya menekan penyebaran covid-19 di SDN 225/IV Kota Jambi. Subjek penelitian ini adalah peserta didik kelas V SDN 225/IV Kota Jambi. Data dikumpulkan melalui observasi, wawancara dan dokumen analisis. Analisis data dilakukan dengan teknik analisis Miles & Hubermen. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) tidak semua peserta didik memiliki fasilitas-fasilitas dasar yang dibutuhkan dalam pembelajaran daring seperti Handphone/Android, (2) pembelajaran daring dikatakan cukup efektif karena dapat membelajarkan peserta didik dimanapun dan kapanpun tanpa batas waktu yang ditentukan dan dapat mendorong munculnya kemandirian belajar pada peserta didik , (3) pembelajaran daring mendorong munculnya perilaku social distancing dan meminimalisir munculnya kerumunan peserta didik, sehingga dapat mengurangi potensi penyebaran covid-19 dilingkungan SDN 225/IV Kota Jambi. Lemahnya pengawasan dari orang tua terhadap peserta didik, jaringan yang tidak stabil di daerah pelosok, mahalnya biaya kuota, waktu/ kesibukan orang tua yang berbeda-beda sehingga menyebabkan guru kesulitan memberikan jadwal pelaksanaan pembelajaran, materi yang sulit dimengerti peserta didik jika hanya memerhatikan video pembelajaran, motivasi belajar peserta didik rendah, peserta didik telat mengirimkan tugas karena hp di bawa oleh orang tua, kesulitan guru dalam menilai hasil karya peserta didik dikarenakan beberapa tugas yang menumpuk akan tugas sebelumnya, kesulitan guru dalam melakukan evaluasi pembelajaran terutama pengukuran kemampuan peserta didik pada aspek pengetahuan adalah tantangan tersendiri dalam pembelajaran daring. Meningkatkan kemandirian, kemajuan dalam penggunaan tekhnologi dan minat belajar adalah keuntungan lain dari pembelajaran daring.

Type: Thesis (S2)
Subjects: L Education > L Education (General)
Depositing User: DWI NIARTI
Date Deposited: 22 Jun 2021 03:51
Last Modified: 22 Jun 2021 03:51
URI: https://repository.unja.ac.id/id/eprint/20232

Actions (login required)

View Item View Item