Analisis Pengaruh Penerapan Transaksi Syariah dan Produk Halal Terhadap Persepsi Konsumen pada Bisnis Ritel Syariah 212 Mart di Kota Jambi

Shodiqin, Muhammad (2021) Analisis Pengaruh Penerapan Transaksi Syariah dan Produk Halal Terhadap Persepsi Konsumen pada Bisnis Ritel Syariah 212 Mart di Kota Jambi. S1 thesis, Universitas Jambi.

[img] Text
cover skripsi.pdf

Download (165kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (338kB)
[img] Text
lembar pengesahan.pdf

Download (71kB)
[img] Text
lembar persetujuan.pdf

Download (67kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (334kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (702kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (254kB)

Abstract

Penelitian ini berjudul “Analisis Pengaruh Penerapan Transaksi Syariah dan Produk Halal Terhadap Persepsi Konsumen pada Bisnis Ritel Syariah 212 Mart Di Kota Jambi”. Tujuan dari penelitian ini adalah: (1) Untuk mengetahui karakteristik konsumen di 212 Mart Kota Jambi (2) Untuk menganalisis pengaruh penerapan transaksi syariah terhadap persepsi konsumen pada ritel syariah 212 Mart di Kota Jambi, (3) Untuk menganalisis pengaruh produk halal terhadap persepsi konsumen pada bisnis ritel syariah 212 Mart di Kota Jambi. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan menggunakan data primer. Pengumpulan data menggunakan kuesioner dan dianalisis menggunakan regresi linier berganda melalui program SPSS versi 25. Sampel yang diambil dari penelitian ini adalah sebanyak 96 orang responden. Teknik analisis data yang digunakan yaitu dengan menggunakan teknik analisis regresi berganda dan uji statistik t dan F. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa : (1) karakteristik konsumen berdasarkan jenis kelamin didominasi oleh perempuan, karakteristik berdasarkan usia didominasi oleh umur dua puluh sampai dua puluh sembilan tahun, karakteristik berdasarkan agama didominasi oleh Agama Islam, pendidikan terakhir didominasi oleh Sarjana 1, karakteristik berdasarkan pekerjaan didominasi oleh yang memiliki pekerjaan sebagai seorang pedagang, karakteristik berdasarkan pendapatan didominasi oleh responden yang berpendapatan Rp3.000.000,00 – 4.000.000,00, karakteristik berdasarkan sumber informasi didominasi dari media elektronik. (2) terdapat pengaruh positif dan signifikan antara transaksi syariah terhadap persepsi konsumen dengan tingkat signifikan sebesar 0,004. (3) terdapat pengaruh positif dan signifikan antara produk halal terhadap persepsi konsumen dengan tingkat signifikan sebesar 0,001. Kata Kunci: Transaksi Syariah, Produk Halal, Persepsi Konsumen

Type: Thesis (S1)
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
H Social Sciences > HB Economic Theory
H Social Sciences > HC Economic History and Conditions
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Ekonomi Islam
Depositing User: MUHAMMAD SHODIQIN
Date Deposited: 10 Jun 2021 02:00
Last Modified: 10 Jun 2021 02:00
URI: https://repository.unja.ac.id/id/eprint/20307

Actions (login required)

View Item View Item