Novrianti, Tika and Hariandi, Ahmad and Hayati, Suci (2021) Strategi Guru dalam Menanamkan Sikap Spiritual pada Proses Pembelajaran di Kelas VI Sekolah Dasar. S1 thesis, Universitas Jambi.
![]() |
Text
Cover.pdf Download (49kB) |
![]() |
Text
DAFTAR IS1..pdf Download (40kB) |
![]() |
Text
BAB 1.pdf Download (125kB) |
![]() |
Text
BAB V.pdf Download (35kB) |
![]() |
Text
HALAMAN PENGESAHAN.pdf Download (84kB) |
Abstract
ABSTRAK Novrianti. Tika. 2021. Strategi Guru dalam Menanamkan Sikap Spiritual pada Proses Pembelajaran di Kelas VI Sekolah Dasar, FKIP Universitas Jambi, Pembimbing: (I) Ahmad Hariandi, S.Pd.I., M.Ag. (II) Suci Hayati, S.Pd., M.Pd. Kata Kunci: Strategi Guru, Sikap Spiritual Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsiksan strategi yang digunakan guru dalam menanamkan sikap spiritual pada proses pembelajaran di kelas VI sekolah dasar Adhyaksa 1 Kota Jambi. Jenis penelitian dalam penelitian ini adalah fenomenologi yang mendeskripsikan semua bentuk tindakan serta fenomena yang dilakukan oleh subyek yang diteliti mengenai strategi guru dalam menanamkan sikap spiritual pada proses pembelajaran. Data pada penelitian ini adalah deskripsi strategi guru dalam menanamkan sikap spiritual pada proses pembelajaran di kelas VI B Sekolah Dasar Adhyaksa 1 Kota Jambi. Adapun teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi. Setelah data terkumpul data dianalisis secara kualitatif menggunakan teori teknik model Milles dan Huberman yang terdiri dari: reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa strategi guru dalam menanamkan sikap spiritual pada proses pembelajaran tepatnya pada kelas VI B sudah terlaksana, sarana dan prasarana sudah tersedia sehingga mendukung pelaksanaan pembelajaran daring dan luring. Dalam pelaksanaan pembelajaran daring dan luring guru sudah menggunakan strategi-strategi dalam menanamkan sikap spiritual yaitu dengan perencanaan dalam menanamkan sikap spiritual yang meliputi mempersiapkan atau membuat RPP dengan sesuai silabus. Pelaksanaannya dengan pola pembiasaan, keteladanan(modelling), sugesti, dan identifikasi yang disesuaikan dengan peserta didik. Kemudian dalam evaluasinya guru menilai dengan penilaian proses dan penilaian hasil belajar. Pembelajaran saat ini memiliki fleksibilitas dalam pelaksanaannya dan mampu mendorong guru dalam menanamkan sikap spiritual pada proses pembelajaran, selain itu peserta didik untuk lebih mandiri dan termotivasi untuk lebih bersikap teladan dengan akhlakkul karimah. Dari penelitian ini diperoleh kesimpulan bahwa strategi guru dalam menanamkan sikap spiritual pada proses pembelajaran sangatlah penting untuk pembekalan terhadap peserta didik.
Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LA History of education |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PGSD |
Depositing User: | TIKA NOVRIANTI |
Date Deposited: | 22 Jun 2021 03:06 |
Last Modified: | 22 Jun 2021 03:06 |
URI: | https://repository.unja.ac.id/id/eprint/20313 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |