MAWARIDA SEMBIRING, DUDU (2021) ANALISIS STRUKTUR DAN CIRI KEBAHASAAN TEKS EKSPLANASI DALAM BUKU BAHASA INDONESIA KELAS XI TERBITAN KEMENDIKBUD EDISI REVISI 2017. S1 thesis, UNIVERSITAS JAMBI.
![]() |
Text
SKRIPSI FULL TEXT.docx Restricted to Repository staff only Download (363kB) |
![]() |
Text
COVER.pdf Download (176kB) |
![]() |
Text
HALAMAN PENGESAHAN.pdf Download (1MB) |
![]() |
Text
ABSTRAK skripsi.pdf Download (342kB) |
![]() |
Text
BAB I skripsi.pdf Download (282kB) |
![]() |
Text
BAB V skripsi.pdf Download (150kB) |
![]() |
Text
DAFTAR RUJUKAN skripsi.pdf Download (259kB) |
Abstract
Colia, Sembiring, Mawarida, Dudu. 2020. “Analisis Struktur dan Ciri Kebahasaan Teks Eksplanasi dalam Buku Bahasa Indonesia Kelas XI Terbitan Kemendikbud Edisi Revisi 2017” Skripsi. Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, Jurusan Pendidikan Bahasa dan Sastra (PBS), FKIP Universitas Jambi. Pembimbing: (I) Dr. Hj. Irma Suryani, M. Pd (II) Dra. Rasdawita, MM. Kata kunci: struktur, ciri kebahasaan, teks eksplanasi. Tujuan penelitian ini ialah mendeskripsikan struktur dan ciri kebahasaan teks eksplanasi dalam buku Bahasa Indonesia Kelas XI terbitan Kemendikbud Edisi Revisi 2017. Alasan penulis melakukan penelitian ini didasarkan atas kebaharuan jenis teks eksplanasi dalam kurikulum 2013, kurangnya referensi belajar guru dan peserta didik, rendahnya kemampuan peserta didik dalam menganalisis struktur dan ciri kebahasaan teks eksplanasi, serta untuk membuktikan kelayakan buku itu sendiri. Metode yang digunakan ialah studi literatur dan dokumentasi dengan serangkaian teknik catat untuk menandai hal-hal referensial terhadap bagian teks yang dianalisis. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif-kualitatif. Data penelitian ini berupa uraian kata-kata, kalimat dan paragraf yang dinarasikan setelah proses analisis mendalam. Berdasarkan hasil analisis data, diperoleh bahwa teks eksplanasi Demonstrasi Massa, Gempa Aceh, Anemia, Virus SARS, Beban Keuangan Pemerintah di Tahun 1949, Embrio, dan Gempa Bumi di D.I.Y ada yang secara lengkap memenuhi tiga bagian struktur teks eksplanasi yang terdiri dari pernyataan umum, urutan kejadian dan ulasan. Namun, adapula yang tidak, yaitu hanya mengisi bagian pernyataan umum dan urutan kejadian. Hasil tersebut menjadi titik perbedaan antara substansi isi buku dengan analisis penulis yang ditopang dengan teori ahli. Teks dengan struktur tidak lengkap tersebut adalah teks dengan topik Fenomena Banjir. Selain itu, ciri kebahasaan yang ditemukan cukup banyak. Bagian yang dominan adalah penggunaan keterangan waktu dan konjungsi kausalitas. Sedangkan penggunaan konjungsi kronologis sangat sedikit, yaitu terdapat pada teks Demonstrasi Massa saja. Simpulan penelitian ini menunjukkan bahwa struktur teks dan ciri kebahasaan teks eksplanasi dalam buku terbitan Kemendikbud masih perlu dikaji kembali guna memperbaiki kualitas bahan ajar yang digunakan.
Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Depositing User: | DUDU MAWARIDA SEMBIRING |
Date Deposited: | 11 Jun 2021 07:18 |
Last Modified: | 11 Jun 2021 07:18 |
URI: | https://repository.unja.ac.id/id/eprint/20399 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |